Pengajian Rutin Bahas Sifat Nafsiyah, Salbiyah, Ma`ani, dan Ma`nawiyah

Kankemenag Aceh Tamiang 13-03-2018 14:54

Karang Baru (Sofyan/Dahlan) -- Penyuluh Fungsional Kantor Urusan Agama (KUA) Kec. Seruway Aceh Tamiang, Selasa (13/3) kembali menggelar pengajian rutin para Imam Kampung dan Imam Dusun se-Kecamatan Seruway di Mushalla Dusun Suka Mulia Kampung Tangsi Lama. Hadir dalam pengajian itu seluruh Imam Kampung dan Imam Dusun se-Kec. Seruway sebanyak 53 orang. Pengajian ini dilaksanakan setiap hari Selasa minggu kedua. 

Dalam kesempatan itu, Tgk. Fahruddin sebagai narasumber menyampaikan materi Tauhid (Sifat-sifat Allah) dengan memaparkan tentang sifat Nafsiyah, Salbiyah, Ma'ani, dan Ma'nawiyah.

Menurutnya mengetahui sifat Allah bagi kita yang berfaham Ahlussunah Waljamaah agar kita mengenal Allah dan terhindar dari perbuatan syirik termasuk syirik Khafi yaitu syirik tersembunyi dikarenakan kita tidak mengenal sifat-sifat Allah, yang menyebabkan hilangnya pahala ibadah seseorang.

Sifat Nafsiah adalah sifat yang berhubungan dengan zat Allah dengan kata lain sifat kepribadian.  Maksudnya sesuatu yang tidak bisa diterima oleh akal jika Allah tidak disifatkan dengan sifat ini, yaitu sifat Wujud (Ada). Keberadaan Allah itu tidak didahului oleh sesuatu sebab.

Sifat Salbiyah adalah sifat yang menolak apa yang tidak layak bagi Allah. Sifat ini ada lima yitu: Pertama Qidam (Sedia/Terdahulu) tanpa didahului oleh suatu permulaan. Kedua Baqa` (Kekal) tak akan mengalami kebinasaan walaupun saat bumi dan langit dihancurkan (Kiamat). Ketiga Mukhalafah Lilhawaditsi (Tidak Sama dengan Makhuk) contohnya Allah tidak diawali dengan suatu sebab dan tak akan pernah binasa sebaiknya Makhluk diawali dengan suatu sebab (proses) dan akhirnya akan binasa.

Keempat Qiyam Binafsihi (Berdiri Sendiri) berdirinya Allah itu tidak memerlukan tempat atau sesuatu atau bantuan dari siapapun dengan kata lain berdirinya Allah tak memerlukan bantuan dari Makhluk. Kelima Wahdaniyah (Esa/Tunggal/Tak Berbilang)

Sifat Ma`ani sifat yang pasti ada pada Dzat Allah. Sifat ini ada tujuh yaitu: Qudrat (Berkuasa) apapun bisa dilakukannya. Iradah (menentukan) semua terjadi dengan ketentuan Allah. Ilmu (Mengetahui), Allah itu Maha Mengetahui segala sesuatunya termasuk apa yang ada di hati Manusia. Hayah (Hidup). Sama’ (Mendengar). Bashar (Melihat) dan Kalam (berkata-kata).

Sifat Ma`nawiyah adalah sifat Allah yang dilazimkan atau tidak bisa dipisahkan dengan Sifat Ma’ani. Sifat Ma’nawiyah adalah sifat yang Mulazimah atau menjadi akibat dari sifat ma’ani. Sifat ini terdiri dari tujuh sifat, yakni: Kaunuhu Qadiran (Keberadaan Allah Maha Kuasa), Kaunuhu Muridan (Keberadaan Allah Maha Menentukan), Kaunuhu Aliman (Maha Mengetahui), Kaunuhu Hayyan (Maha Hidup), Kaunuhu Sami’an (Maha Mendengar), Kaunuhu Bashiran (Maha Melihat), Kaunuhu Mutakalliman (Maha Berkata-kata). [x]


Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota