Kakankemenag Bireuen: Guru Harus Visioner

Kankemenag Bireuen 12-03-2018 14:56

Bireuen (Farizal)— Tugas guru sangatlah mulia. Guru berkewajiban menyiapkan masa depan genersi bangsa. Karena itu setiap guru harus selalu menempa diri dengan berbagai pengetahuan dan ketrampilan, baik metode, materi maupun pendekatan pembelajaran yang terus berkembang.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) kabupaten Bireuen, Drs H Zulkifli Idris MPd saat membuka acara Diklat di Wilayah Kerja (DDWK) diklat teknis substantif pembelajaran tematik guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) angkatan IV pada wilayah kerja Balai Diklat Keagamaan (BDK) provinsi Aceh tahun 2018.

Mengutip perkataan Ali Bin Abi Thalib “didiklah anak-anakmu sesuai dengan zamannya, karena mereka hidup bukan di jamanmu”, Zulkifli  menjelaskan bahwa Islam 14 abad yang lalu sebenarnya sudah menawarkan konsep pendidikan yang jelas, terarah dan sangat visioner.

Karena itu harapnya guru harus mampu menguasai materi pembelajaran secara maksimal, memilih metode dan pendekatan pembelajaran serta media yang tepat demi menciptakan generasi yang siap menghadapi masa depan.

“Guru juga harus mampu meramu, dan memilah-milah serta membuat indikator-indikator proses dan capaian sesuai dengan perkembangan kurikulum 2013. Terutama sekali terkait dengan Kompetensi Inti (KI) satu dan dan KI-2. Selanjutnya semangat, roh dan keikhlasan guru dalam mendidik dam membimbing siswa juga sangat penting”, lanjut Zulkifli.

Sementara itu ketua panitia DDWK, Zahrul Buadi Ssos dalam laporannya mengatakan bahwa diklat ini akan dilaksanakan mulai Senin-Sabtu, 12 – 17 Maret 2018 di aula kankemenag Bireuen. Diikuti oleh 40 guru MI di lingkungan kankemenag Bireuen.

Diklat yang mengangkat tema “melalui diklat ini, kita terapkan integritas, profesionalitas, inovasi, tanggungjawab dan keteladanan dalam dunia pendidikan”, menghadirkan beberapa pemateri dari pejabat struktural dan widiaiswara dari BDK, dan pejabat struktural dari kankemenag Bireuen.

Kategori Informasi dan Humas Kantor Kemenag Kabupaten/Kota