Briptu Nazari Mansur, Mobil Box dan MIN 9 Bireuen

Kankemenag Bireuen 12-03-2018 12:43

Bireuen (Farizal) — Senin pagi (12/3) sekira pukul 07.00 WIB, sebuah mobil box bertuliskan “POLISI” “MOBIL PENYULUHAN BINMAS,” sudah parkir di depan gerbang MIN 9 Bireuen, di Gampong Dayah Mesjid kecamatan Kuta Blang-Bireuen.

Beberapa orang nampak memperhatikan keberadaan mobil tersebut karena mungkin tidak biasa. Jam menunjukkan pukul 07.15 WIB. Siswa dan guru mulai ramai memasuki pekarangan madrasah. Mobil box yang tadinya parkir bersama dua awak di dalamnya pun bergerak masuk dan parkir tepat di halaman tengah madrasah. Kehadirannya langsung “diserbu” siswa di sana.  

Dua pemuda berseragam polisi turun dari mobil tersebut lalu menyapa dan menyalami anak-anak dan para guru yang sebelumnya sudah menunggu. Adalah Briptu Nazari Mansur dan Brigadir Muzakkir dari tim satuan pembinaan masyarakat (satbinmas) Polres Bireuen yang ditugaskan instansinya melakukan kunjungan ke madrasah tersebut.

Seperti biasa sebelum proses pembelajaran dimulai, setiap senin diadakan apel upacara bendera. Bertindak sebagai pembina biasanya adalah guru yang ditugaskan secara bergilir. Namun kali ini pembinanya adalah seorang polisi dari Polres Bireuen, Briptu Nazari Mansur.

Nampak kelompok siswa-siswa peserta upacara berbaris rapi dan dalam keadaan siap mengikuti seluruh prosesi pelaksanaan upacara bendera. Sesekali pemimpin upacara yang berada di tengah lapangan terlihat memberi aba-aba.

Tiba saatnya amanat pembina upacara, pemimpin upacara mengistirahatkan seluruh peserta upacara. Nazari pun memulai amatanya dengan mengucapkan salam, penghormatan, dan seterusnya memberikan amanat.

Dalam amanat tersebut Nazari mengajak para siswa untuk selalu bersikap disiplin dalam hidup. "Untuk menjadi seseorang yang berhasil dan sukses di masa depan, maka disiplin menjadi faktor yang sangat penting," pesannya.

Selain itu, Nazari juga mengingatkan para siswa untuk selalu patuh kepada kedua orang tua, rajin sekolah, rajin belajar, jangan pernah bolos, jangan pernah meninggalkan shalat, dan lain sebagainya. “Adik-adik yang saya banggakan, kalau mau jadi polisi seperti kami maka adik-adik harus disiplin," katanya.


Sosialisasi Penyalahgunaan Narkoba

Dalam kunjungan tersebut, tim saweu sikula dari satbinmas polres Bireuen itu juga bermaksud melakukan sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba kepada siswa-siswi di madrasah tersebut.

Kegiatan yang berlangsung usai pelaksanaan upacara bendera itu menghadirkan Briptu Nazari sebagai pemateri. Acara sosialisasi diawali dengan pemutaran film yang memperkenalkan macam-macam barang terlarang dan bahaya penyalahgunaan narkoba.Tampak para siswa serius menyimak.

Setelah pemutaran film tersebut, Nazari yang didampingi brigadir Muzakkir, kepala madrasah dan juga beberapa guru, mengajak para siswa untuk menjauhi barang-barang terlarang itu.

“Adikku sekalian, penyalahgunaan narkotika dapat merusak otak, menghancurkan ekonomi keluargan, masa depan kita, bangsa dan negara. Karena itu mari kita jauhi dan menjadikannya sebagai musuh kita bersama,” lanjut Nazari mengingatkan.  

Sementara itu kepala MIN 9 Bireuen Asniati SAg MA mengatakan, dengan adanya sosialisasi ini diharapkan para siswa mengenal dan memahami bentuk-bentuk dan dampak buruk dari penyalahgunaan narkoba.

Selanjutnya Asniati berharap dengan bekal pengetahuan yang didapatkan para siswa hari ini dapat menyampaikannya kepada keluarga dan teman-temannya. “Acara ini mudah-mudahan bisa membantu mengurangi kejahatan remaja dan penyalahgunaan narkoba sehingga akan melahirkan generasi yang cerdas tanpa narkoba,” ujarnya. [x] 

Kategori Informasi dan Humas Kantor Kemenag Kabupaten/Kota