Salamina: Guru, Membahasakan Semua Pelajaran dengan Bahasa Agama

Kankemenag Aceh Utara 12-02-2018 21:26

Lhoksukon (Masnoer)---Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Aceh Utara menjadi Pembina Upacara di Madrasah Tsanawiyah Negeri Nibong (MTsN 7 Aceh Utara)  yang diikuti oleh seluruh siswa Madrasah beserta staf Tata Usaha dan Dewan Guru yang ada di Madrasah tersebut, Senin (12/02).

Kakankemenag Aceh Utara Salamina,  MA dalam amanatnya mengatakan, tujuan penddikan itu bukan hanya menciptakan anak - anak yang cerdas, tapi menciptakan anak yang shaleh, apa beda anak yang shaleh dengan anak yang cerdas.

"Anak yang cerdas berpikir lebih kemudian memiliki IQ rata - rata, berpikir argumentasi  dan logika berpikir,  belum tentu patuh dan taat kepada pengatahuan yang dia miliki dan tidak memiliki akhlakulkarimah, tapi kalau  anak shaleh tunduk patuh kepada ilmu yang dia miliki, kepada orang tua serta memiliki akhlakulkarimah", jelasnya.

"Allah SWT sudah mecontohkan kedua anak tadi Anak Nabi Ibrahim dan Nabi Nuh Anak Nabi Ibrahim bernama Ismail sedangkan Anak Nabi Nuh bernama Kan'an", ucap Selamina.

Kemudian ia melanjutkan "Kan'an yang tidak patuh pada orang tuanya, saat orang tuanya menyuruh dia untuk naik ke atas perahu tidak mau dia, berpikir air akan mengalir tidak mungkin sampai ke gunung,  sedangkan Nabi Ismail yang patuh sama orang tuanya, saat orang tuanya bermimpi menyembelih dia, dia setuju dan patuh atas perintah orang tuannya serta taat kepada Allah SWT", ungkapnya lagi.

Selesai Upacara Kakankemenag juga melakukan pertemuan denga Dewan Guru di Madrasah tersebut, dia menyampaikan Guru memiliki uswah dan memberi contoh suriteladan yang baik, guru Agama  dan Guru Madrasah tidak boleh melakukan perbadaan mana pengatahuan umun dengan Agama, semua guru terlibat dalam membina anak dan membahasan mata pelajaran itu dengan bahasa agama,  contoh Matematika dibahasakan dengan bahasa Agama,  dan sebagainya.

Sementara itu, Kepala MTsN 7 Aceh Utara Dahlan, S. Ag saat di jumpai di Madrasah tersebut mengatakan "Sangat senang dan mengucap terima kasih karena kakankemenag berkenan meluangkan waktunya untuk dapat hadir ke Madrasah sekaligus bersiraturrahmi dengan Kepala dan Dewan Guru serta memberikan motivasi kepada siswa MTsN Aceh Utara", ungkapnya.[SY]

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota