CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Kasi Pendis Hadiri Maulid Nabi di MAN Abdya

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 578
Selasa, 30 Januari 2018
Featured Image

Blangpidie(Adihar)---Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw Keluarga besarMAN Aceh Barat Daya adakan Kegiatan Maulid Nabi Muhammad Saw di halamanMadrasah tersebut, peringatan hari lahir Nabi Muhammad tersebut dirangkaikandengan berbagai kegiatan, seperti kegiatan perlombaan Hafalan Juz 30 tingkatSLTP se Aceh Barat Daya dan Sinopsis tingkat siswa/i MAN Abdya tentang sejarahkelahiran Nabi Muhamad Saw juga ceramah keagamaan, dan diakhiri dengan makansiang bersama.

Hadir dalam acara tersebut seluruh siswa darikelas sepuluh sampai dengan kelas dua belas seluruh guru dan staf Tata Usahadan para tamu undangan lainnya. Kepala Madrasah      Adihar, S. PdI, MA selaku kepala madrasahmengatakan, peringatan maulid Nabi yang digelar ini merupakan agenda tahunan OSIM bidang Keagamaan, selain untukmeningkatkan syiar agama di kalangan siswa/i, peringatan tersebut juga bagiandari upaya pihaknya untuk memperkuat silaturahmi antar sesama siswa tingkat SLTPdan juga sesama keluarga besar MAN Abdya, alumni dan komponen masyarakatlainnya yang selama ini berperan mendukung pengembangan salah satu madrasahnegeri  yang ada  di Kabupaten Aceh Barat Daya.

Dikesempatan yang sama Adihar juga mengucapkan terima kasih atas partisipasiorang tua/wali siswa yang secara sukarela membantu terlaksananya kegiatan.

Kegiatanini dilaksanakan sebagai wujud kepedulian madrasah dalam mengembangkanpendidikan berkarakter dimana potret kepribadian generasi muda sekarang khususnyasiswa/i menunjukkan hal yang memprihatinkan, jauh dari nilai-nilai akhlakulkarimah sebagaimana digariskan dalam Islam dan dicontohkan oleh Rasulullah Saw.

SedangkanKepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat Daya, dalam hal inidiwakili oleh Bapak Mulizar, S. Pd, M. Pd Kasi Pendis yang baru dilantiktanggal 02 Januari 2018, beliau mengatakan, dengan peringatan maulid setiaptahun, akan menambah kecintaan umat dan menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagaiteladan hidup utama.

Khusus untuk siswa/i Madrasah yang merupakan generasi emasmasa depan dia berharap kecintaan kepada rasul harus diwujudkannya denganmerealisasikan akhlak yang mulia dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan apayang didapatkan selama menuntut ilmu khususnya bidang agama dibangku sekolah.

Panitiakegiatan juga mengundang penceramah sekaligus doaustad/tgk dari salah satu pesantrenyang ada di Abdya yakni Ustad/tgk Muhammad, dalam tausiahnya peringatan maulid adalahdalam rangka mengenang kelahiran Nabi Muhammad SAW, serta sebagai silaturahmiguna meningkatkan ketakwaan kepada Allah, dalam tausiahnya juga menyampaikanpesan-esan penting kepada para siswa/i tidak terkecuali para tamu undangan yangberhadir yakni tentang akhlak yang baik yang merupakan salah satu kunci kesuksesanRasulullah SAW. Kemudian juga ustad menyinggung tentang cerita Nabi Nuh AS saatberada dalam syurga.

Di akhir kegiatan panitia menyiapkan khanduri maulid berupa makanan yang disajikanbernuansa tradisional ala gampong.[]

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh