CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Siswa MIN 1 Kota Subulussalam Belajar Merakit Listrik

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 566
Jumat, 19 Januari 2018
Featured Image

Subulussalam (Humas)---Listrik merupakan sebuah kebutuhan manusia didalam kehidupansehari-hari, manusia tidak bisa terlepas dari peran listrik. Selama ini kita hanyamenggunakan listrik tapi kita tidak pernah berpikir darimana listrik yang kitagunakan dalam kehidupan sehari-hari itu timbul.

Siswa Madrasah Ibtidayah Negeri (MIN)  1 Kota Subulussalam  belajar merakit listrik dengan di pandu salahsatu guru MIN tersebut.

Kegiatan belajar merakit listrik ini merupakan salah satumetode yang diterapkan oleh pihak Madrasah agar para siswa belajar secaralangsung bukan hanya sekedar mendapatkan  teori saja.

Kegiatan belajar merakit listrik tersebut juga bukan hanyasekali ini saja dilakukan, akan tetapi sudah beberapa kali dilakukan oleh siswaMIN 1 Kota Subulussalam seperti tahun lalu, dimana para siswa diarahkan langsunguntuk belajar dan praktek secara langsung tutur Arpiandi Barus salah satu guruMIN 1 Kota Subulussalam.

“Kami ingin siswa mengerti mengenai rangkaian listriksederhana, baik itu seri atau paralel melalui praktik,” tutur Arpiandi.

“Kegiatan belajar merakit listrik ini sudah beberapa kalikita terapkan terhadap anak didik kami, selain belajar secara teori para siswajuga di hadapkan langsung ke pokok permasalahan yaitu peraktek secara langsung” tambahnya.

Lebih lanjut, dari praktik ini dapat diketahui pemahamansiswa mengenai rangkaian listrik, juga diketahui keuntungandan kerugian dari masing-masing jenis rangkaian listrik. Seperti kerugianrangkaian listrik seri adalah nyala lampunya meredup ketika salah satu bolalampu dilepas.

“Sebaliknya keuntungan rangkaian jenis ini tak lain adalahhemat kabel dan biaya,” ucapnya.

Sementara rangkaian listrik paralel menguntungkan karenaketika satu bola lampu dilepas, maka lampu lainnya tetap menyala terang. Adasaja kekurangannya yaitu membutuhkan kabel dan saklar lebih banyak dibandingrangkaian seri. Saat praktik ini bukan hanya hasil yang ditonjolkan, namun juga proses.

“Seperti membangun kerja sama. Murid harus bersatu danmemiliki visi yang sama dalam kerja sama,” tutupnya.[SY]

 

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh