d Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh :: Seuramo

Tim Itjen Kemenag RI Lakukan Review Laporan Keuangan di Aceh

Inmas Aceh 12-01-2018 18:24

Aceh (Inmas)- Tim Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Agama RI melakukan Review Laporan Keuangan Semester II Tahun 2017 di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh mulai dari tanggal 11 s.d 20 Januari 2018.

Tim Itjen tersebut terdiri dari 6 orang dengan Ketua Uun Kurniasih.

Sebelum melakukan rewiew, tim Itjen melakukan pertemuan briefing  terhadap Review Laporan Keuangan dengan Ppk dan Staf Subbag Perencanaan dan Keuangan di Aula Kanwil Kemenag Aceh. Tim pengendali teknis, Rait Gustardi mengatakan, bahwa Review laporan yang dilakukan saat ini merupakan tahap kedua dalam rangka mewujudkan laporan keuangan Kemenag yang disajikan sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintah.

“Dalam Review kita ini mencakup keseluruhan laporan keuangan, mulai dari neraca, laporan realisasi anggaran, LE, LO, catatan atas lapaoran keuangan dan lainnya dari  satker yang ada di Provinsi Aceh dengan tujuan untuk mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP),” jelasnya.

Kakanwil Kemenag Aceh, Drs. H. M. Daud Pakeh dalam kesempatan tersebut, menyampaikan selamat datang kepada tim Itjen Kemenag RI dan mempersilahkan tim untuk pendampingan laporan keuangan Kemenag Aceh, sehingga kalau masih ada yang keliru dapat di perbaiki.

"Review Laporan Keuangan Semester II ini sangat penting dalam rangka mempertahankan WTP dan untuk menghadapi pemeriksaan Badan Pemerika Keuangan (BPK) pada Akhir Januari 2018, untuk memastikan bahwa laporan keuangan yang ada sudah sesuai dengan standar laporan keuangan," ujar Kakanwil. 

Di tempat terpisah, Kasubbag perencanaan dan keuangan Kanwil Kemenag, Saifuddin, SE atau yang biasa disapa Yahwa juga menyatakan hal yang sama, kesiapan Kemenag Aceh dan menyambut baik kedatangan tim Itjen Kemenag RI.

“Kita sangat menyambut baik dan mempersiapkan segala sesuatunya terkait apa-apa saja yang menjadi kebutuhan Review Tim Irjen, karena ini juga dalam rangka menghadapi pemeriksaan BPKI RI mendatang,” ujar Yahwa. 

Di akhir sambutannya, tim Itjen menyampaikan bahwa Kehadiran tim untuk mendampingi atau Review laporan keuangan untuk bersama-sama berjuang mempertahankan WTP. [] 

Kategori Informasi dan Humas