Begini Jika Apel Jumat

Peny Haji Umrah 12-01-2018 17:07

Banda Aceh (Yakub)---Pekan ini tim Inspektur Jenderal (Setjen) Kemenag RI berada di Kanwil untuk tunaikan tugas, antara lain untuk pengontrolan, konsultasi, dan pengauditannya.

Jajaran Kanwil ada yang ikut dampingi pemeriksaan, sempurnakan pelaporan, dan konsultasi, bersama, sebelum tim BPK menyusul nanti.

Di sela-sela kehadiran tim Jakarta itu, jajaran Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), sebagaimana Bidang dan Subbag di Bagian TU Kanwil Kemeneg Aceh, juga Pembimas, terus teruskan rutinitas harian.

Jelang akhir pekan, Jumat (12/1) siang, di sela tim kerja di ruang lain, Bidang PHU simulasikan pelaksanaan apel untuk pagi Senin.

Simulasi cara hormat, laporan, istirahat, jalan, dan berdiri pun, dilakasanakan dalam ruang, di lantai tiga, yang sedang proses penyekatan sekat-sekat ulang antar ruang.

Secara bergilir, beberapa Kasi dan karyawan praktekkan, teknik memimpin apel, supaya di lapangan mahir dan mantap.

Menurut jadwal, seorang Kabid, Kabid PHU H Abrar Zym SAg misalnya, akan bertindak sampaikan amanat pembina apel selama lima atau enam kali setahun, maka perlu penggiliran pada enam pemimpin apel, dari karyawan di Bidang Haji dan Umrah ini.

Jadilah simulasi Jumat ini, hitung-hitung sebagai bekal, siapkan diri memimpin apel, untuk Kabid yang di depannya. Pembina apel biasa ada di depan, di sisi kirinya, shaf eselon III, di depannya barisan eselon IV, dan di sayap kiri kanan halaman, karyawannya.

Sebagaimana pola apel pagi 2018, pelaksana apel akan dibantu oleh ASN dari semua Bidang, juga ASN di Subbag TU.

Biasa pembina apel, selain Kakanwil dan Kabag TU, dari Kabid di Kanwil. Jika apel bulanan gabungan, digilir juga untuk Kepala UPT Asrama Haji dan Kepala Balai Diklat Keagamaan (BDK) Aceh.  

Sebelum dan seusai amanat pemimpin apel, berikan aba-aba, dan ini tidak semuanya biasa dan bisa.

Selama ini, cuma beberapa ASN yang berdiri di depan, selaku pemimpin dan sampaikan, hormat gerak hingga bubar jalan misalnya.

Sebelum itu, pada pagi Jumat, senam jantung sehat akhir Rabi'ul Akhir pun meriah, atau kian ramai, di halaman tengah Kanwil. []

Kategori Penyelenggaraan Haji & Umrah