CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Kakankemenag Pimpin Upacara HAB KE 72

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 376
Rabu, 3 Januari 2018
Featured Image

Subulussalam (Humas)---KementerianAgama Kota Subulussalam  hari ini memperingatihari jadi yang Kemenag ke-72. Hari lahir kementerian yang bermotto Ikhlas Beramal inidiperingati sebagai Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama.

Turut hadir dalam upacara tersebut Walikota Subulussalam H.Merah Sakti, SH, Kepala Dinas Syari’at Islam, Ketua MPU Kapolsek Simpang Kiri,Kepala KUA, Kepala Madrah dan Siswa/i Madrasah Kota Subulussalam.

Peringatan HAB ditandai dengan upacara yang digelar disetiap kantor Kementerian Agama seluruh Indoensia. Kepala Kantor KementerianAgama Kota Subulussalam Rislizar Nas, S.Ag memimpin upacara yang digelar dihalaman MTsN 1 Kota Subulussalam, Jl Malikul Saleh, Rabu (3/01)

"Tujuh puluh satu tahun yang lalu, tepatnya padatanggal 3 Januari 1946, Pemerintah atas usul dari Komite Nasional IndonesiaPusat (KNIP) membentuk Kementerian Agama dan mengangkat Menteri Agama yangpertama yaitu Haji Mohammad Rasjidi. Pembentukan Kementerian Agama merupakanperistiwa penting dan bersejarah bagi Negara Kesatuan Republik Indonesiasebagai negara religius yang nasionalis," dalam amanat Menag.

Menurutnya, agama tidak dapat dipisahkan dari kehidupanbangsa dan negara kita. Semangat dan motivasi keagamaan adalah sumber kekuatanbangsa dalam meraih kemerdekaan, mempertahankan kedaulatan nasional, danmenjaga keutuhan NKRI.

"Agama mendapatkan kedudukan terhormat dalam tatakehidupan masyarakat, sehingga dijadikan sebagai salah satu sumber pembentukanhukum nasional. Agama menjadi ruh kehidupan kebangsaan kita sesuai dengan dasarKetuhanan Yang Maha Esa," tuturnya.

Peringatan HAB ke-72 tahun 2018 mengangkat tema ' TebarkanKebaikan' Menag berharap peringatan ulang tahun Kementerian Agama ini semakinmemperkuat komitmen Aparatur Sipil Negara (ASN) terhadap integritas dan etoskerja sebagai pelayan masyarakat dan pengayom semua umat beragama.

"Seluruh ASN Kementerian Agama harus senantiasamengembangkan wawasan serta meningkatkan ketrampilan dan kesigapan dalambertugas. Ego sektoral, sektarianisme, dan sejenisnya harus disingkirkan darilingkungan kerja Kementerian Agama," pesan Menag.

"Kita harus bersikap sebagai agamawan sekaligusnegarawan yang menempatkan kepentingan umat dan bangsa di atas kepentinganpribadi dan kelompok. Di tengah cepatnya perubahan sosial dan pesatnyateknologi informasi, kita juga harus menjadi pelayan publik yang dapatdiandalkan," tambahnya.[SY]


Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh