FKUB Aceh Tenggara Gelar Focus Group Discussion (FGD)

Kankemenag Aceh Tenggara 27-10-2017 10:37

Kutacane (Amrin)---Wakil Bupati Aceh Tenggara membuka acara Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan oleh FKUB Aceh Tenggara dengan Tema Reposisi Umat Islam Dalam Penguatan Umat Beragama di Kabupaten Aceh Tenggara bertempat di Aula Kantor FKUB Aceh Tenggara Kamis (26/10/2017). 

Ketua FKUB Aceh Tenggara Baharuddin P dalam laporannya menyebutkan peserta berjumlah 30 orang adalah para mukim perbatasan se-Kabupaten Aceh Tenggara, perwakilan dari Kemenag, Dinas Syariah, Kesbangpol dan Dinas Pariwisata Aceh Tenggara.

"Acara ini merupakan implementasi dari Peraturan Bersama Menteria Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 Tahun 2006 dan Nomor 8 Tahun 2006 Tentang Pelaksanaan Tugas Kepala Daerah Dalam Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama, Pemberdayaan Forum Kerukunan Umat Beragama dan Pendirian Rumah Ibadat," ujar Baharudin P kembali.

Tampak hadir Kepala Kantor Kemenag Agara yang diwakili Supian, S.Ag Kasi Bimas Islam, Ketua MPU Aceh Tenggara Tgk. H. Abbas, Lc dan Sekretaris FKUB Aceh Tenggara Dr. Muliadi, S.Ag, M.Si.

Wakil Bupati Agara Bukhari mengatakan dalam sambutannya,"Bahwa masyarakat Aceh Tenggara adalah masyarakat majemuk yang menggambarkan ciri khas bangsa Indonesia yaitu Bhineka Tunggal Ika dan merupakan miniatur Indonesia. Dari kemajemukan itu sudah pasti perbedaan tidak bisa dihindari tetapi jangan menjadi benih perpecahan di masyarakat, "ujar Bukhari.

"Mari kita pahami filosofi dari kerikil, batu, pasir dan semen mereka tidak pernah berkelahi, justru karena perbedaan mereka itu bangunan akan menjadi kuat, begitu juga kita yang majemuk ini  jadikan sumber kekuatan di tanah Alas ini dan mari kita bangun komunikasi antar tokoh umat beragama, tokoh masyarakat demi menjaga toleransi antar umat beragama, "tambah Bukhari.

"Kami memberikan apresiasi dan kami harap kegiatan ini bisa mencari solusi-solusi pencegahan perpecahan di masyarakat," tutupnya.[SY]


Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota