773 Calon Kepala Madrasah se Aceh Ikut Asesmen

Inmas Aceh 26-10-2017 15:22

Banda Aceh (Inmas)--- Sebanyak 773 calon kepala madrasah  di lingkungan Kanwil Kemenag Aceh mengikuti Asesmen Calon Kepala Madrasah di Gedung LPMP Lama, Neuhen, Aceh Besar, Kamis (26/10).

Kegiatan Asesmen tersebut dilaksanakan oleh Kanwil Kemenag Aceh bekerjasama dengan Tim Asesor Kemenag RI dan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Dan dibuka oleh Kakanwil Kemenag Aceh yang diwakili Kabag TU, Drs. H. Asy'ari.

Dalam arahannya Asy'ari menjelaskan pelaksanaan Asesmen tersebut adalah sesuai amanah Peraturan Menteri Agama nomor 29 tahun 2014 tentang Kepala Madrasah.

"Dalam Peraturan Menteri Agama no 29 tahun 2014 diamanahkan bahwa setiap calon kepala madrasah diharuskan untuk mengikuti Asesmen untuk menjadi kepala Madrasah," jelas Asy'ari. 

Ia juga menjelaskan bahwa tujuan Asesmen tersebut adalah untuk melihat dan mencari Kepala Madrasah yang berkualitas, kreatif dan inovatif dalam rangka memajukan Madrasah.

Menurutnya, asesmen merupakan suatu langkah yang tepat dan penting untuk menjaring kepala madrasah yang berkompeten dan berkualitas tersebut. 

"Dengan adanya asesmen ini, kita berharap akan melahirkan calon Kepala Madrasah yang cerdas, punya kualitas, profesionalitas dan kompetensi tinggi baik tingkat MI, MTs dan MA," ujar Asy'ari.

Asy'ari menjelaskan bahwa seluruh peserta yang akan mengikuti Asesmen ini adalah 773, yang dibagi dalam 5 angkatan dan tiga zona, mulai hari ini, tanggal 26 sampai 31 Oktober mendatang. 

"Total yang akan diasesmen berjumlah 773 orang se Aceh, sedangkan kebutuhan kepala madrasah berjumlah 611 orang, hal ini dilakukan sebagai bank data kepala madrasah kedepan dan memilih pimpinan terbaik, semoga terwujud impian dan cita-cita membawa Madrasah lebih baik,"lanjutnya.

Sementara tim Asesor, Usfurida, M.Psi menjelaskan bahwa sistem Asesmen ini berupa Asesmen kompetensi dengan tiga sesi test yaitu Psikotes, Leader Group Discussion (LGD) dan Wawancara yang dipandu oleh 16 Asesor. "Karena ini untuk kepala Madrasah, maka ada LGD untuk melihat tipe kepemimpinannya," jelas Usfur. 

Selain itu, pelaksanaan Asesmen ini juga dipantau oleh Tim Penjaminan Mutu dari Kemenag Pusat.  []

Kategori Informasi dan Humas