Peringati Hari Santri, Kemenag dan Pemkab Agara Adakan Dzikir Akbar

Kankemenag Aceh Tenggara 24-10-2017 16:16

Kutacane (Amrin)---Dalam rangka memeriahkan Hari Santri Nasional Tahun 2017, Kemenag dan Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara melaksanakan Dzikir Akbar dengan peserta para santri dayah se-kabupaten AcehTenggara bertempat di masjid kebanggaan masyarakat Aceh Tenggara, Masjid Agung At-Taqwa Kutacane, Senin (23/10/2017). 

Tampak hadir Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tenggara, Para Alim Ulama, Dandim Agara 0108, Kepala Kantor Kemenag Agara, para pimpinan Dayah, dan para pejabat dari Pemda Aceh Tenggara maupun dari Kemenag Agara.

Sebelum acara Dzikir Akbar dimulai dipintu gerbang Masjid Agung At-Taqwa rombongan Bupati dan Wakil Bupati disambut dengan Tari Pelebat oleh para santri.

Kepala Kantor Kemenag Agara, M. Idris dalam sambutan mengatakan,"Santri-santri ini adalah kader-kader masa depan negeri ini, untuk mendirikan negeri yang thoyybatun warobbur ghofur sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945, kita perlu kader-kader yang mumpuni maka Pondok Pesantren adalah tempatnya, jelas agamanya, jelas pancasilanya dan jelas UUD nya," ujaran M. Idris.

M. Idris menutup sambutannya dengan mengucapkan Selamat Hari Santri Nasional dengan tema Wajah Pesantren, Wajah Indonesia.

Sementara Bupati Aceh Tenggara Raidin dalam sepatah katanya, "Peringatan hari santri dilakukan berdasarkan keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015 Tentang Hari Santri Nasional, ini merupakan pengakuan negara atas jasa-jasa ulama dan santri dalam memperjuangkan, merebut,  mengawal dan mempertahankan kemerdekaan," ungkap Raidin.

"Harapan kami agar pondok pesantren  di Aceh Tenggara tidak sekedar mengejar kuantitas atau jumlah santri yang terbanyak tapi yang terpenting adalah kualitasnya," tambahnya.

Sebagai penutup Raidin mengucapkan takbir dan disambut dengan gemuruh oleh para santri dengan ucapan Allahu Akbar.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan Dzikir yang dipimpin oleh Buya Tgk. Sabirin Syah pimpinan Pondok Pesantren Raudhatusshalihin.[SY]

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota