K3M Kota Banda Aceh Rumuskan Kisi-kisi Soal Semester I Tingkat MTs

Kankemenag Banda Aceh 23-10-2017 21:43

BandaAceh (Yurisems)---Ujian Semester I  direncanakan tanggal 27 Nov s/d 9 Des 2017 secara serentak dilaksanakan pada tingkat MTs di lingkungan Kemenag Kota Banda Aceh,dewan  guru untuk segera mempersiapkan evaluasi yang harus diberikan kepada peserta didik sesuai dengan kurikulum yang berlaku.  Pada kenyataannya kurikulum yang berlaku di jajaran Kemenag  kota banda Aceh untuk tingkat MTs masih bervariasi antara Kurikulum 2013 dan Kurikulum 2013 yang sudah direvisi tahun 2016.  Hal inilah yang menyebabkan timbul inisiatif Kelompok Kerja Kepala Madrasah (K3M ) untuk membuat dan merumuskan soal bersama tingkat MTs di lingkungan Kota Banda Aceh.

Kegiatan rapat perumusan soal dilaksanakan, Rabu, tanggal  23 October 2017 yang dihadiri oleh Kasi Mapenda Kota Banda Aceh,  ketua K3M,  Kepala MTs Kota Banda Aceh,  Ketua MGMP mata pelajaran dan koordinator penyusunan soal mata pelajaran.  Kegiatan ini diawali pembukaan oleh Pak Sayuthi  ( Kamad MUQ ) kemudian dilanjutkan arahan oleh ketua K3M, Muzzakar, M.Pd .

Pada arahannya Muzzakar M.Pd  menjelaskan bahwa tujuan dilaksanakan perumusan dan penyusunan soal secara bersama agar adanya kualitas yang sama diantara peserta didik tingkat MTs  yang ada di lingkungan Kota Banda Aceh,  ia juga menambahkan agar tidak ada lagi protes dari peserta didik di  salah satu Madrasah yang ada  Kota Banda Aceh bahwa materi soal yang diujikan belum pernah diajarkan di madrasah yang bersangkutan. 

Pada rapat penyusunan dan perumusan soal semester I,  Drs. Aiyub memberikan bimbingan dan arahan bahwa kegiatan perumusan soal yang dilaksanakan selain untuk persamaan persepsi dalam mencerdaskan peserta didik juga sebagai kegiatan yang dapat dijadikan laporan pengembangan diri sebagai syarat kenaikan pangkat ke tingkat yang lebih tinggi.

Di akhir rapat di tugaskan kepada ketua MGMP dan Koordinator penyusunan/perumusan soal mata pelajaran agar membuat jadwal pelaksanaan untuk pembuatan kisi kisi perumusan dan penulisan soal semester 1 yang dijadwalkan hanya 2 minggu dan harus menyerahkan soft copy dan hard copy paling lambat 13 Nov 2017.[SY]

 

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota