CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Murid RA Aceh Timur Praktik Manasik Haji

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 390
Rabu, 20 September 2017
Featured Image

Peureulak (Syarifuddin) --- Lebih 300 anak-anak usia dini dibimbing praktik manasik haji,Rabu (20/9), di Peureulak. Mereka adalah murid-murid Raudathul Athfal (RA), Taman Kanak-kanak (TK), dan PAUD yang ada di wilayah timur Kabupaten Aceh Timur.

Ketua Panitia Pelaksana, Hj.Nursyamsyiah yang akrab disapa Bunda menjelaskan, pada tahun ini kegiatan dibagi pada 3 titik, yaitu Idi untuk wilayah tengah, Peureulak untuk wilayah timur,  dan Simpang Ulim untuk wilayah barat.  "Kami bagi ke dalam 3 titik pemusatan kegiatan untuk mempersingkat mobilisasi anak”, ucap Bunda dalam laporannya pada acara pembukaan.

Pensiunan pengawas madrasah pada Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Aceh Timur itu juga mengatakan, bimbingan manasik haji murid RA/TK/PAUD ini bertujuan mewujudkan generasi berkarakter dan cinta ibadah. “MelaluiBimbingan Manasik Haji Anak, Kita Wujudkan Generasi Berkarakter dan CintaIbadah. Itulah tema yang menggambarkan tujuan pelaksanaan kegiatan kita pada tahun ini”, imbuh Bunda yang saat ini aktif sebagai Kepala RA Raudhatul Khaira di Peureulak.    

Sementara itu, Kepala SeksiPendidikan Madrasah (Penmad) Kantor Kemenag Aceh Timur, Mulkan Sidamanik, MA memberikan apresiasi kepada penyelenggarakegiatan yang dinilainya sangat beranfaat bagi pembentukan karakter anak-anakdan remaja.

Kegiatan ini sangat besar manfaatnya, terutama dalam rangka membentuk anak Indonesia yang berkualitas,yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannyasehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasarserta mengarungi kehidupan di masa dewasa”, ucap Mulkan dalam sambutannya mewakili Kepala Kantor Kemenag.

Usaiacara pembukaan, tepatnya pukul 10.00 WIB, praktik manasik haji pun dimulai. Satupersatu “kelompok terbang (kloter)” dibimbing melafalkan niat berhaji. Ucapan talbiah, yaitu “Labbaikallahuma labbaik, labbaika lasyarikalaka labbaik, innalhamdawannikmata laka walmulk, lasyarikalak” membahana di langit Peureulakmembuat terkesima siapa pun yang mendengar dan menyaksikannya.

Tampak anak-anak sangat bersemangat ketika mengucapkan talbiyah, salawat, dan doa-doa yangberkaitan dengan ibadah haji. Ritual haji yang paling antusias dipraktekkanoleh anak-anak adalah melontar jamarah,yaitu melempar batu kecil sebanyak tujuh kali ke sebuah tiang yang bertuliskan Jamarah Aqabah sambil berteriak “Bismillahi Allahu Akbar”.

Halaman kantorDinas Perhubungan Kabupaten Aceh Timur, tempat berlangsungnya acara itu, penuhsesak oleh para orang tua murid, penjual jajanan, dan pengunjung lainnya yangingin menyaksikan dari jarak dekat. Kegiatan berlangsung semarak dan berakhirsebelum pukul 12.00 WIB.[SY]

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh