CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Kemenag Aceh Singkil Selenggarakan SIMPENAIS 2017

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 788
Rabu, 20 September 2017
Featured Image

Aceh Singkil (humas)---Kantor Kementerian Agama KabupatenAceh Singkil melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam melaksanakan kegiatanpendataan Pendataan Sistem Informasi Penerangan Agama Islam (SIMPENAIS) Tahun 2017 ke seluruh kecamatan dalam Kabupaten Aceh Singkil.


Pendataan ini direncanakan akan berlangsung selama sepekan, dengan melibatkanbeberapa unsur dalam lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil,meliputi petugas/Tim Work dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil,Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh), Kepala Kantor Kementerian Agama (KUA)Kecamatan dan Penyuluh Agama Islam non PNS.


Hari pertama, Senin (11/09/2017) pendataan dimulai dari Kecamatan Singkil danSingkil Utara, hari kedua di Kecamatan Gunung Meriah dan Suro, hari ketiga diKecamatan Danau Paris dan Simpang Kanan, hari Keempat di Kecamatan Singkohordan Kuta Baharu, dan hari kelima di Kecamatan Kuala Baru.


Sedangkan untukKecamatan Pulau Banyak dijadwalkan akan dilaksankan pada hari Senin(25/09/2017).


Kegiatan ini dimaksudkan untuk memperoleh data yang valid dari sumberprimernya, yaitu masyarakat Kabupaten Aceh Singkil, oleh karena itu dalamkesempatan pertama di Kantor KUA Kecamatan Singkil, Kepala Seksi Bimas Islam,Bapak Istadi Putra, S.Ag.,M.Ag menyampaikan kepada para Penyuluh AgamaIslam non PNS, bahwa : “Orang yang paling tau kondisi lapangan/masyarakatadalah para Penyuluh, sehingga ujung tombak dari keberhasilan pendataan iniadalah Penyuluh Agama Islam non PNS," ungkapnya.


Data-data yang akan diambil di lapangan oleh para Petugas antara lain DataMajelis Taklim, data Guru Mengaji, Qari/Qari’ah, Hafidz/Hafidzah, LembagaDakwah, LSM Islam, Seniman Muslim, Budayawan Muslim dan lain-lain.


Selain itu, pada hari kedua Selasa, (12/09/2017) Kepala KUA Kecamatan GunungMeriah, Drs. Syamsuir di hadapan para Penyuluh juga menyinggung tentangkejadian yang saat ini ramai dibicarakan, yakni kejadian salah seorangwarga/masyarakat dalam kecamatan Gunung Meriah yang membuat surat pernyataanpindah keyakinan.


Ia mengatakan bahwa kejadian ini adalah sebuahkemunduran, hanya gara-gara ingin menjadi Calon Kepala Kampong (Keuchik) relamembuat pernyatakan pindah keyakinan untuk menghindari test baca Al-Qur’an yangdipersyaratkan, walaupun pada akhirnya yang bersangkutan bersyahadat kembali dihadapan Ketua MPU Kabupaten Aceh Singkil.


Kepala KUA Kecamatan Gunung Meriah juga berharap kepada para Penyuluh, agar lebih giat menanamkan pemahaman dimasyarakat tentang bagaimana cara berkeyakinan/beraqidah yang benar.(s.ar)

Tags: #
Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh