CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Guru MAN 2 Aceh Timur Kembali Raih Gelar Doktor

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 1645
Rabu, 13 September 2017
Featured Image

Aceh Timur (Syarif) ---Madrasah Aliyah Negeri 2Aceh Timur (MAN 2 Atim) kembali memiliki guru berkualifikasi S3 setelah Muhammad Nur, S.Ag, M.Pd (43), berhasil menyelesaikanpendidikan pada program Pascasarjana UniversitasNegeri (UNJ) Jakarta.

Muhammad Nur berhasil meraih gelar doktor dengan predikat sangat memuaskan (IPK3.68) setelah  mempertahankan  karya disertasinya dengan judul EvaluasiProgram Ma’had Aly pada Lembaga Pendidikan Islam Ma’hadul UlumDiniyyah Islamiyah (MUDI) Mesjid Raya Samalanga, di hadapan  timpenguji  dan promotor, Rabu (13/9) di Aula Maftuha Yusuf Gedung Dewi SartikaUNJ.

Selain Dr. MuhammadNur, S.Ag, M.Pd, baru-baru ini telah pula dikukuhkan guru MAN 2 Atim lainnya,yaitu Fakhrurrazi, S.Ag, M.Hum menjadi doktor pada universitas yang sama.

Dalam disertasinya, Muhammad Nur mengupas masalah implementasiprogram Ma’had Aly pada LPI MUDI Mesjid Raya dibimbing  Rektor UNJ, Prof. Dr. H. Djali sebagai promotor, dan Dr.Awaluddin Tjalla, M.Si sebagai Co-promotor. Dalam ujian terbuka  tersebut,Guru Bahasa Ingggris MAN 2 Aceh Timur ini menjelaskan bahwa keberadaan Ma’had Alymerupakan sesuatu yang dinanti-nanti umat Islam terutama santri di dayah atau pondok pesantren. Mahad Aly merupakan suatu pendidikan tinggi keagamaan pasca pesantren setingkat di atas pendidikan diniyah Ulya.

Menurut Muhammad Nur, ProgramMa’had Aly pada dasarnya menelaah dan membahas kitab-kitab klasikberbahasa Arab, baik dalam bentuk batsul masail atau dalam bentukdiskusi atau halaqah atas kandungan kitab-kitab dari berbagai perspektifsesuai dengan dinamika perkembangan situasi kontemporer.

“Meskipun tekanan tetapdiberikan pada pengajaran ilmu-ilmu keagamaan, kurikulum Ma’had Alymencakup juga ilmu-ilmu umum seperti sosiologi, antropologi, dan filsafat.Dalam hal pengajaran ilmu-ilmu keagamaan, kurikulum  yang digunakandisusun berdasarkan pendekatan disipliner seperti fiqh, ushul fiqh, tafsir,ilmu tafsir, hadits, ilmu hadits,tasawwuf, dll, yangdikombinasikan dengan penggunaan kitab-kitab tingkat tinggi dalam tradisipendidikan pesantren. Rujukan dan bacaan dalam ilmu-ilmu keagamaan juga diperluas dengankitab-kitab yang ditulis ulama-ulama modern," ungkap MuhammadNur melalui pesan WhatsApp.

Muhammad Nur mengajak rekan-rekanguru di lingkungan Kemenag Aceh untuk lebih meningkatkan kiprah dalammeningkatan mutu pendidikan  madrasah. Menurutnya, hal ini dapat dilakukan guru dan tenagakependidikan dengan cara meningkatkan  kualifikasi pendidikannya denganmemanfaatkan beasiswa yang disediakan pemerintah pusat dan LPSDM Aceh.

Selain aktif sebagai mahasiswa PPs UNJ, mantan aktifis ini juga terlibat sebagai peneliti dan konsultan pada Indonesia Bermutu. Bahkan pada tahun  2015, bersamabeberapa pakar pengukuran lainnya dari Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI) diberikan kepercayaan oleh Kemendiknas RI untuk menjadi Validator  Instrumen UKG 2017 dan Tim Penyusunan Instrumen untuk calon  Kepala SMKdan Pengawas.

Muhammad Nur mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah memberikan dukungan kepadanyasehinga berhasil menyelesaikan studinya tepat waktu. “Terima kasih kepadasemua pihak, terutama keluarga, Kepala Madrasah dan segenapcivitas akademika MAN 2 Atim, kemenag  kabupaten Aceh Timur dan LPSDM Propinsi Aceh”, imbuh Muhammad Nur.

Secara khusus, Muhammad Nur juga memberikan apresiasi danucapan  terima kasih kepada Kakanwil Kemenag Propinsi Aceh, Drs H M Daud Pakeh. “Banyak hal danterobosan baru telah dilakukan Bapak Daud Pakeh selama menjabat Kakanwilterutama dalam pengembangan sumber daya tenaga pendidikan dan kependidikan dilingkungan Kemenag Aceh dan upayanya dalam mendorong Dayah di Aceh  untukmengembangkan program  Ma’had Aly,” ucapnya.

Kepala MAN 2 Atim H.Syarifuddin S. Malem sangat bangga dengan dikukuhkannya dua guru MAN 2 Atimmenjadi doktor berturut-turut dalam satu bulan. “Dalam tahun ini,berturut-turut selama dua bulan telah lahir dua orang doktor di MAN 2 Atim.Semoga kiprah dan pengalaman yang dimiliki dua doktor ini bermanfaat untukpengembangan pendidikan di MAN 2 Atim khususnya, dan di lingkungan Kemenag Acehpada umumnya”, ungkap Malem dengan rasa bangga dan haru.[SY]

 


Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh