CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Magnet School akan Jadi MANPK

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 1936
Sabtu, 9 September 2017
Featured Image

Peureulak (Syarifuddin)---Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaandan Kesiswaan (KSKK) Kemenag RI, Dr. H. A Umar, MA sepakat dengan Wakil BupatiAceh Timur, untuk membentuk sebuah lembaga pendidikan yang bernama MadrasahAliyah Negeri Program Keagamaan (MANPK) di Aceh Timur.

Hal itu terungkappada pertemuan silaturrahmi ke dua pejabat itu dengan tokoh masyarakatPeureulak, Jumat (8/9) di Cafe Waly Kupi Peureulak.

“Saya sepakat dengan Pak Wabup, agarKemenag mendirikan sebuah madrasah berbentuk MANPK yang akan ditempatkan padalokasi Magnet School. Namun dengan satu syarat, Bupati menyerahkan lebih dahulutanah dan bangunan itu kepada Kemenag”, imbuh Direktur.

Dalam unjungan kerjanya beberapa hari diAceh, Direktur KSKK menyempatkan diri bertemu Wakil Bupati Aceh Timur, Syahrulbin Syamaun untuk bersilaturrahmi sambil membahas pengelolaan Magnet Schoolyang berlikasi di Gampong Dama Tutong Kecamatan Peureulak Aceh Timur. Bangunansekolah lengkap dengan aula, ruang belajar, asrama dan masjid itu dibiayai olehIslamic Development Bank (IDB) dengan total dana Rp. 48 M namun belum dapatdifungsikan karena terkendala soal kepemilikan aset.

Bila sertifikat belum ada, lanjut Direktur,pihaknya cukup diberikan selembar surat keterangan dari Badan Pertanahan bahwasertifikat sedang dalam pengurusan, maka lembaga pendidikan baru itu segeradapat kita wujudkan.

Pada awal pertemuan, Wabubp sudahmenyatakan siap memberikan aset Magnet School kepada Kemenang jika Kemenagmendirikan sebuah madrasah negeri di lokasi itu. “Saya harapkan Kemenag dapatsegera mengaktifkan Magnet School agar bangunan yang dibangun dengan biaya Rp.48 M itu bermanfaat untuk mencerdaskan putra-putri bangsa. Soal aset berupatanah dan bangunan di atasnya itu akan kita serahkan sepenuhnya kepadaKemenag”, tegas Wabup.

Pertemuan informal yang berlangsung mulaipukul 22.00 wib dan berakhir pukul 24.00 wib itu dilanjutkan peninjauan lokasiMagnet School yang Gampong Dama Tutong.

Selanjutnya Direktur beserta rombongan bertolak ke Kuala SimpangKabupaten Aceh Tamiang dalam rangka menyelesaikan kunjungan kerja.

Seperti diketahui, gedung-gedungMagnet School yang dibangun tahun 2010, kini telah rusak akibat dijarah olehorang-orang tak bertanggung jawab setelah dibiarkan terbengkalai selama 7 tahuntanpa kejelasan pengelolaannya. Jika saja MANPK itu dapat terwujud tahun depan,betapa besar manfaatnya bagi Aceh Timur.[]

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh