CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Dirjen Pendis Buka Rapat Persiapan Pentas PAI Nasional VIll Provinsi Aceh

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 508
Jumat, 8 September 2017
Featured Image
Banda Aceh (Inmas)---Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kemenag RI, Prof Dr Phil H Kamaruddin Amin MA membuka secara resmi rapat persiapan Pekan Ketrampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) Nasional VIII Provinsi Aceh di Hotel Mekkah Banda Aceh, Jumat (8/9).

Aceh dipercayakan oleh Menteri Agama untuk menjadi tuan rumah even nasional itu, dan Pentas PAI baru pertama kali dilakukan di luar pulau Jawa, yaitu Aceh.

Dalam sambutannya Dirjen menyatakan bahwa ia yakin Aceh mampu menjadi untuk mewujudkan pelaksanaan even nasional sebagai instrumen dan sarana untuk anak-anak beraktualisasi.

"Pendidikan memainkan peran yang sentrak dalam pembentukan karakter dan jiwa anak didik," ujar Amin.

Ia juga mengatakan Pendidikan Agama Islam disekolah adalah salah satu dan bagi sebagian merupakan satu-satunya tempat anak belajar agama.

"Untuk itu komitmen kita meningkatkan pendidikan agama di sekolah dalam rangka mengaktualisasikan pendidika. yang relevan dengan zaman,  sehingga anak bangsa memilliki wawasan keagamaan dan wawasan kebangsaan," ujarnya.

Tidak hanya itu, untuk membentuk anak yang saleh dan betaqwa serta menjadikan agama di sekolah sebagai sarana menciptakan bangsa yang religius yang punya kesalehan sosial dam perekat sosial di tengah masyarakat, lanjutnya.

Menurut Dirjen, PAI Mendorong dan memotivasi pendidikan agama terus relevan dan sesuai dengan kontek agama.

"Pendidikan agama semakin menemukan relevansi di dunia, bukan saja bangsa relegius seperti Indonesia, tetapi di eropa agama juga terus dipelajari meski tujuannya berbeda, agar anak beragama bisa memahami penganut agamala lain, dan di desain untuk saling memahami dan mengerti eksistensi hidup di negara plural atau majmuk," tutup Amin.

Pembukaan rapat itu dihadiri Asisten l Pemerintah Aceh, Direktur Pendidikan Agama Islam, Perwakilan Pimpinan DPRA dari komisi VII,  Perwakilan Polda, Perwakilan Kodam, Plt Kakanwil Kemenag Aceh Rektor Unsyiah dan Rektor UIN, Forkompinda, Ketua Kopertis 13 dan Kopertais, Para SKPA dan Kabid PAI Kanwil se Indonesia.[]
Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh