CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Gubernur Melepas Keberangkatan JCH Kloter 1 Embarkasi Aceh

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 707
Rabu, 16 Agustus 2017
Featured Image

Banda Aceh (Inmas)---Gubernur Aceh yang diwakili oleh Wakil Gubernur Ir H Nova Iriansyah MT melepaskan keberangkatan Jamaah Calon Haji (JCH) Kloter 1 Embarkasi Aceh Tahun 1438 H/2017 M menuju Tanah Suci.

Pelepasan tersebut juga dihadiri oleh Gubernur, drh H Irwandi Yusuf yang hadir setelah penyampaian sambutan oleh Wagub dikarenakan menghadiri acara di DPRA di saat bersamaan, pada kesempatan itu Gubernur menyerahkan Bendera Merah Putih dan dokumen kloter kepada petugas kloter.

Dalam sambutannya Wagub mengatakan bahwa pemerintah Aceh mengapresiasi kerja-kerja Kemenag Aceh dalam menyukseskan pelaksanaan ibadah haji tahun 1438 H.

"Kami sangat mengapresiasi dan menghargai atas kinerja yang dilakukan Kemenag Aceh beserta seluruh panitia dan petugas dalam mempersiapkan dan menyukseskan pelaksanaan ibadah haji," ungkap Nova, Rabu (16/8) di aula Jeddah Asrama Haji Embarkasi Aceh.

Ia juga mengatakan bahwa meskipun Aceh memiliki masa tunggu hingga 20 tahun lebih, namun harus bersyukur, "Masa tunggu kita lebih pendek dibandingkan Kaltim yang mencapai 30 tahun dan Sulsel mencapai 28 tahun."

Kepada seluruh jamaah kloter 1 Wagub mengingatkan untuk selalu menjaga kesehatan dan makan dengan teratur serta gizi cukup, lebih lagi iklim di Arab Saudi yang berubah-ubah, pesannya.

Sementara Kakanwil Kemenag Aceh dalam sambutannya selaku Ketua PPIH mengatakan bahwa pada tahun ini terjadi peningkatan kuota haji Provinsi Aceh dari tahun sebelumnya.

"Kuota haji tahun ini bertambah sejumlah 1.282 JCH, sehingga kuota haji menjadi 4.359 JCH. Semua jamaah akan diberangkatkan dalam 12 Kloter, dan kloter 12 merupakan kloter campuran yang akan bergabung dengan Kloter 22 MES," ujar Kakanwil.

Ia juga menambahkan bahwa JCH terbanyak tahun ini berasal dari Banda Aceh dengan jumlah 647 jamaah dan terendah dari Subulussalam 15 jamaah.

"Tahun sebelumnya JCH didominasi oleh ibu rumah tangga, tapi tahun ini lebih didomininasi dari PNS mencapai 1.654 jamaah, sedangkan jumlah JCH wanita 2.693 jamaah dan JCH pria 1.780 jamaah," lanjut Daud Pakeh.

Pelepasan JCH kloter 1 ini turut dihadiri oleh Itjen Kemenag RI, Kapuskes RI, Direktur Imigrasi Kemenkum HAM, DPRA, Forkompimda, Bupati dan Kakankemenag Kab/Kota asal jamaah.[]



Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh