Kembara Lintas Hulu Tamiang (Bahagian III)

Kankemenag Aceh Tamiang 10-08-2017 22:12

Karang Baru (Muhammad Sofyan)—Setelah memakan waktu lebih kurang 30 menit akhirnya rombongan tiba di MIS Suka makmur dan disambut antusias oleh siswa-siswi MIS Suka Makmur yang sabar menunggu hingga pukul 15:30 WIB.

Dalam kesempatan tersebut, Paini Kepala MIS Suka Makmur menyampaikan bahwa mereka membutuhkan Mobiler sebanyak 20 Pasang, mengingat banyak mobiler yang sudah rusak (Keropos).

Di MIS Suka Makmur rombongan Kankemenag Tamiang disuguhi makanan istimewa yang sudah sulit didapat dan langka, yakni daging Napoh yaitu hewan herbivora yang masih termasuk keluarga pelanduk (Kancil) namun ukurannya sedikit lebih besar dari kancil.

Usai menyantap hidangan daging Napoh robongan kembali menempuh perjalanan pulang yang tak kalah menegangkan. Rombongan diantar dengan sepeda motor melintasi jalan setapak yang lebih mirip dengan jalan tikus, di kiri-kanannya penuh lubang dan lumpur, ada yang masih lembek ada pula yang sudah mengering, melintasi tiga buah bukit yang lumayan curammnya, menuju rakit penyeberangan (Getek dalam sebutan bahasa Tamiang) karena boad yang tadi digunakan sudah mengangkut sawit sehingga tak bisa dipakai untuk penyeberangan.

Setelah menyeberang menggunakan Getek rombongan melanjutkan dengan Mobil Dinas Avanza BL 204 U menuju Kankemenag di Karang Baru melalui rute Kelok Sembilan (Babo – Lubuk Sidup –Sekerak – Karang Baru) dengan kondisi jalan yang sangat memprihatinkan di sana-sini terdapat lubang penuh lumpur yang mirip Kubangan Kerbau, untung malamnya tidak ada hujan dan dari pagi hingga sore harinya terik menyebabkan banyak daerah berlumpur sudah mengeras.

Melihat dari panjangnya rute serta tingkat kesulitan serta menggunakan dua rute yang berbeda, perjalanan ini telah melintasi setengah dari wilayah Tamiang (Wilayah Hulu) maka tak salah bila perjalanan ini lebih mirip seperti sebuah pengembaraan melintasi bagian hulu Tamiang karena itu pula penulis menyebutnya dengan “Kembara Lintas Hulu Tamiang.”[]

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota