CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Siswa-siswi MIS Kala Wih Ilang Kunjungi Pusat Observatorium Hilal Tgk Chik Kuta Karang

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 360
Minggu, 23 Juli 2017
Featured Image

Banda Aceh (Inmas)---Memasuki hari ke 6 di Banda Aceh,  Siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Kala Wih Ilang Kecamatan Pegasing Aceh Tengah mengunjungi Pusat Observatorium Hilal Tgk Chik Kuta Karang Lhoknga, Aceh Besar, Minggu (23/7).

Kunjungan ke Pusat Observasi Hilal Aceh tersebut merupakan bagian dari serangkaian kegiatan Anak-anak Madrasah pedalaman Aceh Tengah selama berada di Banda Aceh yang fasilitasi oleh Kanwil Kemenag Aceh. 

Dalam kesempatan tersebut, anak-anak Kala Wih Ilang di perkenalkan alat-alat Falakiyah yang biasa digunakan untuk pengamatan Hilal awal bulan Qamariah. 

Kepala Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Drs. H.Hamdan. MA bersama Kasi hadir mendampingi langsung kegiatan Anak-anak Madrasah pedalaman itu untuk belajar Falakiyah di Pusat Observatorium Hilal Tgk Chik Kuta Karang. 

Selain itu, dalam kesempatan itu, siswa siswi juga belajar tentang fase-fase bulan,mereka dijelaskan langsung oleh pakar Falakiyah Kanwil Kemenag Aceh. 

Diantara alat Falakiyah yang diperkenalkan adalah Teleskop reflektor vixen vc200L, Teleskop refraktor vixen ed100sf, Binocular sebanyak 2 unit.

Dalam kesempatan tersebut mereka selain diperkenalkan alat alat juga melakukan praktek langsung sebagian alat tersebut.

Sementara siswa dan Siswi tersebut terlihat antusias dan penuh semangat  mendengar penjelasan dan praktek penggunaan alat-alat Falakiyah untuk pengamatan benda langit.

Usai mempraktek langsung alat-alat tersebut, Bidang Urais dan Binsyar Kanwil Kemenag Aceh menjamu siswa siswi tersebut dengan Menu kuah beulangong yang telah disiapkan oleh Staf bidang tersebut. [] 

Tags: # info
Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh