Manasik Kota Sabang Kerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi dan Kota serta BSM

Kankemenag Sabang 17-07-2017 21:24

Sabang (Mudani)---Kepala Kantor Kementerian Kota Sabang Drs. Marzuki membuka secara resmi kegiatan manasik untuk Jamaah Calon Haji (JCH) Kecamatan se-Kota Sabang (17/7/2017) di Aula Madrasah Terpadu (MADU).

Pelaksanaan Manasik tingkat kecamatan dilaksanakan selama 8 kali pertemuan mulai tanggal 17 s.d 23 Juli 2017 yang dipusatkan di Komplek MADU.

Dalam pelaksanaan kegiatan Manasik,  Kasi PHU menjalin kerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Aceh dan Kota Sabang untuk materi Pengukuran Kebugaran Jasmani bagi JCH.

Dalam materi tersebut diisi dengan pemeriksaan chek up kesehatan Jamaah, tes Rockport dan tes Jalan 6 menit. JCH di semangati dengan senam kebugaran sebelum tes jalan 6 menit. Yang tujuannya jamaah bisa memahami kondisi tubuh dalam beraktifitas nantinya untuk persiapan pelaksanaan ibadah haji yang Insya Allah akan menyeberangi lautan pada tanggal 23 Agustus 2017 yang tergabung dalam kloter 9 BTJ Aceh.

Dalam hal materi kesehatan dikuatkan juga penyampaian materinya oleh Tim Kesehatan Petugas Haji Indonesia tahun 2014 dan 2017 yang beberapa waktu lalu telah mengikuti Pelatihan Integrasi Petugas Haji di Asrama Haji yang tergabung dalam Kloter 9 yaitu Rina Maulina Abdullah dan Kawan Kawan baik yang tugasnya menyertai jamaah di kloter lain maupun PPIH di Madinah.

Mereka akan selalu menyertai jamaah selama pelaksanaan manasik haji di Kota Sabang

Selain bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, Kasi PHU juga menjalin kerjasama dengan pihak Bank Syariah Muamalah Kota Sabang untuk penyampaian materi berkaitan dengan pengenalan mata uang Riyal dan cara penggunaannya serta dibuka gerai penukaran mata uang Riyal untuk Jamaah Calon Haji Kota Sabang yang akan di isi pada tanggal 19 Juli 2017 di Aula MADU.

Teknis Pelaksanaan Manasik Haji Kota Sabang lebih mengedepankan praktek dan materi di lapangan dari pada berdiskusi panjang lebar di ruangan. Kalaupun ada permasalahan dan pertanyaan bisa langsung ditanyakan pada saat praktek.[SY]

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota