Kakankemenag Buka Kegiatan Manasik Haji Tingkat Kecamatan di Aceh Tengah

Kankemenag Aceh Tengah 17-07-2017 16:06

Takengon (Darmawan)---Dua belas Kecamatan di Kabupaten Aceh Tengah mulai melaksanakan manasik haji tingkat Kecamatan. Hal ini merupakan sebagai persiapan jelang keberangkatan ke tanah suci Makkah Al Mukaromah, yang diperkirakan pertengahan Agustus mendatang. Manasik haji tingkat kecamatan ini dipusatkan pelaksanaannya di masjid besar Quba Kecamatan Bebesen dan diikuti Jamaah Calon Haji (JCH) yang berasal dari Kecamatan Bebesen, Pegasing, Ketol dan Kute Panang, Senin (17/07/2017).

“Jumlah peserta manasik sebanyak 90 orang yang berasal dari ke empat kecamatan, tujuan dilaksanakan manasik ini adalah untuk memberikan bimbingan terkait rukun haji, sehingga jamaah kita nantinya dapat melaksanakan ibadah dengan baik sesuai ajaran agama Islam,” jelas Kepala KUA Kecamatan Kute Panang, Nasri. Ada 2 (dua) titik tempat pelaksanaan manasik haji tingkat kecamatan yang digelar hari ini, titik I (satu) masjid besar Quba Bebesen yang di ikuti oleh 4 (empat) Kecamatan yakni Bebesen, Pegasing, Ketol dan Kute Panang dengan jumlah peserta 90 orang, Tambahnya.

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Kantor Kementerian agama Kabupaten Aceh Tengah, H. Amrun Saleh, manasik itu penting dilakukan untuk bekal para JCH dengan berbagai segala persiapan. Selain itu, yang terpenting jaga kesehatan, itu yang nomor satu. Sering-sering melakukan olah raga ringan, untuk menjaga kebugaran tubuh demi terlaksananya ibadah yang baik, pelajari ilmu manasik haji, bagaimana niat haji, niat umrah dan lain sebagainya. Ini penting untuk diketahui para JCH, kemudian jaga kebersamaan, mulai dari sekarang mari kita ciptakan kekompakan, kebersamaan dan persatuan antar JCH. Sehingga nantinya mudah melakukan komunikasi baik dengan jch maupun dengan petugas.

Amrun juga menyampaikan agar para JCH asal Kabupaten Aceh Tengah yang berangkat tahun ini dapat menjaga kesehatan dan menjaga kebersamaan, kekompakan sesama JCH. “Jaga kebugaran fisik dan jalin kerjasama antar jamaah serta saling tolong menolong dalam segala kesulitan, selama manasik dan setelah berangkat ke tanah suci nanti.”

Sementara itu, pelaksanaan manasik haji tingkat Kecamatan di titik II (dua) di pusatkan di masjid besar Al Abrar Kebayakan. Peserta manasik haji berasal dari 8 (delapan) Kecamatan yakni Lut Tawar, Kebayakan, Bies, Rusip Antara, Linge, Celala, Silih Nara dan Jagong Jeget dengan jumlah peserta manasik sebanyak 70 orang. Kegiatan manasik haji ini berlangsung selama satu minggu,, Manasik haji tingkat kecamatan ini juga dihadiri oleh para camat dan unsur Muspika, Kasi PHU KanKemenag Aceh Tengah, penyuluh agama Islam fungsional Kecamatan dan seluruh JCH.[SY]

Kategori Penyelenggaraan Haji & Umrah
RENUNGAN
  • Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui. (QS. Ali-lmran: 135)

  • Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr: 1-3).

  • Hadis riwayat Aisyah ra., ia berkata:
    Tatkala ditimpa suatu musibah, Rasulullah saw. akan menampakkan rasa sedih pada roman wajahnya. Bila hatinya merasa sempit, akan tampak pada raut wajahnya. Beliau bersabda bersabda: Kutukan Allah atas orang-orang Yahudi dan orang-orang Kristen yang menjadikan kuburan nabi-nabi mereka sebagai mesjid. Beliau memperingatkan apa yang mereka perbuat tersebut. (Shahih Muslim No.826)

CONNECT & FOLLOW