Kemenag Aceh Timur Monitoring Bantuan Operasional RA Tahun 2017

Kankemenag Aceh Timur 14-07-2017 16:15

Idi (Irfan)---Berbagai upaya dilakukan oleh Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur (Atim) dalam mewujudkan Zona Integritas, tidak hanya di lingkungan internal Kemenag tetapi juga stake holder termasuk  RA, termasuk  dalam pengelolaan dana Bantuan operasional pendidikan (BOP) secara transparan dan akuntabel.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh Kemenag Atim melalui Seksi Pendidikan Madrasah adalah dengan melakukan monitoring langsung ke RA serta bendahara BOP untuk kemudian diberikan pembinaan tentang tata cara menyusun berkas persyaratan dalam mencairkan dana BOP.

T .Zulfikar S.Sos.I PLH Seksi Pendidikan Madrasah mengatakan monitoring dan evaluasi BOP RA di Atim, tujuan kami hadir di sini adalah untuk melihat secara langsung realisasi sekaligus penggunaan dana BOP apakah sudah di pergunakan dengan cara yang benar? Karena bantuan pemerintah spjnya / laporannya harus benar benar dan dapat dipertanggung jawabkan dan akuntabel.

Selain itu, lanjut T Zulfikar agar lembaganya selalu profesional dan banyak murid  sekaligus harus tau  jurus jurus dalam menggaet para orang tua untuk memberikan kepercayaan pada RA nya agar murid muridnya bisa lebih banyak, seperti menitipkan pada satu organisasi supaya siswa/siswi  semakin bertambah.

Dalam kesempatan baik tersebut Pelaksana Harian (PLH) seksi Pendidikan Madrsah (Penmad) T Zulfikar S.Sos.I juga mengatakan bahwa dalam rangka pelaksanaan misi pendidikan islam Tahun 2017 Kementerian Agama menetapkan program pemberian Bantuan Operasional Pendidikan Raudhatul Athfal (BOP RA). Program BOP RA merupakan program utama Pendidikan Anak Usia Dini yang diharapkan mampu membantu dalam memenuhi biaya operasional Pendidikan RA dan memberikan layanan pendidikan yang terjangkau dan bermutu ujar nya.

Hal yang senada juga di sampaikan oleh Hayatunnufus SH.I yang menjabat sebagai pengembang potensi siswa Seksi Kesiswaan bidang pendidikan Madrasah Kanwil kemenag Aceh mengatakan Selain memprioritaskan peningkatan dan pemerataan akses Pendidikan Islam bagi anak usia 0-6 tahun yang merupakan usia emas (golden age), program BOP RA juga bertujuan untuk meningkatkan mutu, daya saing dan tata kelola RA (Raudhatul Athfal).

Kepala sekolah RA merasa senang saat kepala PLH Seksi Penmad berkunjung ke RA karena merasa termotivasi dengan kehadiran beliau kata "Hj nursyamsiah A.MA seorang kepala RA  Raudhatul Khaira ,dalam kesempatan baik tersebut RA yang di kunjugi PLH Seksi Penmad di dampingi Hayatunnufus ,dan Irfan S.Sos.I Humas kemenag Atim yaitu RA Chutyakdhien Kampung Aceh idi Rayeuk ,RA Ruhussalam Idi dan RA  Raudhatul Khaira pereulak kota. []

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
RENUNGAN
  • Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui. (QS. Ali-lmran: 135)

  • Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr: 1-3).

  • Hadis riwayat Aisyah ra., ia berkata:
    Tatkala ditimpa suatu musibah, Rasulullah saw. akan menampakkan rasa sedih pada roman wajahnya. Bila hatinya merasa sempit, akan tampak pada raut wajahnya. Beliau bersabda bersabda: Kutukan Allah atas orang-orang Yahudi dan orang-orang Kristen yang menjadikan kuburan nabi-nabi mereka sebagai mesjid. Beliau memperingatkan apa yang mereka perbuat tersebut. (Shahih Muslim No.826)

CONNECT & FOLLOW