Meski Gedung Terbatas, Peminat Madrasah di Kota Subulussalam Melonjak

Kankemenag Subulussalam 14-07-2017 15:43

Subulussalam (Faisal)---Sejumlah Madrasah Negeri dan swasta di Kota Subulussalam menolak pendaftaran siswa baru untuk Tahun Pelajaran 2017/2018 pada bulan Maret yang lalu, dikarenakan kapasitas kelas tidak mencukupi.

Madrasah itu antara lain MTsN  1 Kota Subulussalam, MTsS Hidayatullah dan MIN 1 Kota Subulussalam, Wahyuni mengatakan, pada Tahun Pelajaran 2017/2018 membuka dua kelas dengan kapasitas 63 siswa saja, padahal yang mendaftar sebanyak  213 dan banyak orang tua mengeluhkan agar menambah kouta penerimaan Siswa baru.

“Tahun ini kita hanya menerima 63 Siswa saja, dikarenakan kita keterbatasan gedung belajar” tutur Wahyuni selaku panitia Penerima Siswa Baru

Membludaknya siswa juga dirasakan MTss Hidayatullah yang  tidak bisa lagi menampung para siswa di sebakan  RKB (ruang kelas belajar) siswa sangat terbatas, hal itu diungkapkan  Khalidin, S.Pdi, Wakil Pimpinan Pondok Pasantren Hidayatullah. Jumat (14/7)

“Sejak dibuka pendaftaran pada Maret 2017, sampai akhir Mei lalu sudah penuh sehingga terpaksa menolak calon siswa yang akan mendaftar,” tuturnya.

Meski termasuk Madrasah Swasta, lanjut dia, minat orang tua untuk menyekolahkan anak mereka di MTsS Hidayatullah cukup tinggi.

“Kami bersyukur dalam waktu tiga tahun pertama penerimaan siswa baru sampai sekarang selalu penuh,” ujarnya.

Namun, karena keterbatasan sarana dan prasarana ruang kelas, Khalidin mengatakan terpaksa tidak bisa menerima banyak siswa kendati peminatnya banyak. Sedangkan untuk membangun gedung dan ruang kelas baru belum memungkinkan. “Inginnya menambah sampai kelas sampai lima biar dapat menerima banyak siswa,” harapnya.[SY]


Kategori Pendidikan Madrasah
RENUNGAN
  • Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui. (QS. Ali-lmran: 135)

  • Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr: 1-3).

  • Hadis riwayat Aisyah ra., ia berkata:
    Tatkala ditimpa suatu musibah, Rasulullah saw. akan menampakkan rasa sedih pada roman wajahnya. Bila hatinya merasa sempit, akan tampak pada raut wajahnya. Beliau bersabda bersabda: Kutukan Allah atas orang-orang Yahudi dan orang-orang Kristen yang menjadikan kuburan nabi-nabi mereka sebagai mesjid. Beliau memperingatkan apa yang mereka perbuat tersebut. (Shahih Muslim No.826)

CONNECT & FOLLOW