Baru Dilantik, Walikota Buka Manasik Haji Kota Banda Aceh

Kankemenag Banda Aceh 10-07-2017 15:06

Banda Aceh (c.amin) --- Kantor Kementerian Agama Kota Banda Aceh, Senin (10/7), melaksanakan manasik haji perdana untuk tahun 1438 H/2017 M. yang bertempatkan di Masjid Al Badar, Gampong Kota Baru, Kec. Kuta Alam. Manasik haji yang dibuka langsung Walikota yang baru, H. Aminullah, diikuti hampir seluruh jamaah calon haji Kota Banda Aceh.

 

Kegiatan Manasik haji ini berlangsung selama 10 hari, mulai tanggal 10 sampai dengan 19 Juli. Tanggal 10 dan 19 merupakan manasik tingkat kota yang bertempat di Masjid Al Badar. Adapun Manasik Kecamatan dipusatkan dibeberapa titik, yaitu Kecamatan Baiturrahman di Masjid Ar Rahman; Kecamatan Kuta Alam di Masjid Baiturrahmah; Kecamatan Syiah Kuala di Masjid Darul Falah; Kecamatan Meuraxa di Masjid Syekh Abdul Rauf; Kecamatan Jaya Baru di Masjid Al Musaffir; Kecamatan Banda Raya di Masjid Nurul Huda; Kecamatan Kuta Raja di Masjid Bani Salim; Kecamatan Lueng Bata di Masjid Jami' Lueng Bata dan Kecamatan Ulee Kareng di Masjid Baitussalihin.

 

Dalam laporan kepanitiaan, Drs. H. Amiruddin, M.A., menyebutkan "Tahun ini, pelaksanaan manasik haji beda dari tahun-tahun sebelumnya. Dimana manasik haji kali ini dibagi berdasarkan kloter yang sudah ditetapkan oleh Kanwil Agama Propinsi Aceh dan dilaksanakan oleh 9 Kecamatan yang ada di Kota Banda Aceh. Sedangkat Tahun sebelumnya pembagian Jamaah yang manasik dibagi berdasarkan domisili masing-masing jamaah. Hal ini merupakan suatu kemajuan, sehingga jamaah lebih mengenal, baik sesama jamaah dalam kloter maupun Karom dan Karu dengan jamaahnya".

 

Kasi PHU Kota Banda Aceh yang baru, H. Zamanhuri, SH., dalam sela kegiatan menyampaikan "Alhamdulillah, dengan bantuan teman-teman kepanitian, kegiatan manasik berjalan dengan lancar dan khidmat".

 

Jamaah Calon Haji Kota Banda Aceh yang  diberangkatkan melalui Kloter Banda Aceh sebanyak 630 yang terbagi pada 6 Kloter. Yaitu Kloter 1 sebanyak 2 jamaah; Kloter 4 sebanyak 388 jamaah; Kloter 6 sebanyak 153 jamaah; Kloter 9 sebanyak 85 jamaah dan Kloter 11 dan 12 masing-masing 1 jamaah. Adapun jamaah yang dimanasikkan pada tahun ini sebanyak 609 jamaah. Sedangkan 21 jamaah lagi merupakan TPHD sebanyak 10 jamaah dan mutasi masuk dari Propinsi lain sebanyak 11 Jamaah. [] 

Kategori Informasi dan Humas Penyelenggaraan Haji & Umrah Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
RENUNGAN
  • Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui. (QS. Ali-lmran: 135)

  • Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr: 1-3).

  • Hadis riwayat Aisyah ra., ia berkata:
    Tatkala ditimpa suatu musibah, Rasulullah saw. akan menampakkan rasa sedih pada roman wajahnya. Bila hatinya merasa sempit, akan tampak pada raut wajahnya. Beliau bersabda bersabda: Kutukan Allah atas orang-orang Yahudi dan orang-orang Kristen yang menjadikan kuburan nabi-nabi mereka sebagai mesjid. Beliau memperingatkan apa yang mereka perbuat tersebut. (Shahih Muslim No.826)

CONNECT & FOLLOW