CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Koper, Paspor, dan Kursi Roda Ditandai Khusus, Mudahkan Petugas Bandara

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 816
Jumat, 23 Juni 2017
Featured Image

Banda Aceh (Yakub/Inmas) --- Mulai musim haji tahun 1438 H/2017 M ini, semua koper jemaah diberi tanda khusus. Tanda khusus itu berupa pita berwarna, untuk koper-koper yang dibagi dalam 10 rombongan setiap kloter itu.

"Rencana pemberian pita akan diarahkan duluan, melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) di Kankemenag se Aceh, sebelum jemaah menandai sendiri," ujar Kabid PHU Kanwil Kemenag Aceh H Abrar Zym SAg, usai penutupan petugas kloter, dalam rapat di Kanwil, Kamis (22/6).

Surat penandaan dengan warna warni itu, telah diterima para 51 petugas yang mengikuti Pembekalan dan Pelatihan Petugas Integrasi Embarkasi Haji Aceh 2017, di UPT Asrama Haji, sehari sebelum penutupan, dan sebelum koper orange dibawa pulang masing-masing.

Tanda berwarna khusus, juga untuk paspor, bagi jemaah yang terdiri dari regu-regu dalam setiap rombongan itu.

Sedangkan untuk kursi roda selain diberi tanda pita menurut rombongan, agar diberi tanda dengan bendera Merah Putih dan tulisan Indonesia.

Selain koper yang ada logo Garuda Indonesia itu, tanda khusus diberikan pada paspor. Warna paspor jemaah akan dibedakan dengan warna-warni.

Adapun warna pita untuk Rombongan 1 ialah merah, Rombongan 2 kuning, Rombongan 3 biru, Rombongan 4 coklat, Rombongan 5 hijau, Rombongan 6 putih, Rombongan 7 orange, Rombongan 8 ungu, Rombongan 9 hitam, dan Rombongan 10 merah muda.

Sedangkan warna khusus untuk paspor, sama dengan warna pita di koper. Rombongan 1 ditandai dengan merah, Rombongan 2 kuning, Rombongan 3 biru, Rombongan 4 coklat, Rombongan 5 hijau, Rombongan 6 putih, Rombongan 7 orange, Rombongan 8 ungu, Rombongan 9 hitam, dan Rombongan 10 merah muda.

Kepala Bidang PHUH Abrar Zym SAg melalui Kasi Sistem Informasi Haji dan Umrah Bidang PHU menyampaikan, bahwa penandaan dan pewarnaan ini sesuai dengan Surat Edaran (SE) Direktorat Jenderal (Ditjen) PHU Kemenag RI, tentang Pemberian Tanda Khusus untuk Barang Bawaan Koper, Paspor, dan Kursi Roda.

"Pemberian tanda ini bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat petugas di Bandara Arab Saudi dalam pengelompokan barang bawaan berupa koper, paspor, dan kursi roda," sebutnya, di sela-sela pembekalan petugas kloter.

Sesuai SE yang ditandatangani Plt Sekjen PHU Prof Dr H Nur Syam MSi bertanggal 12 Juni itu, ditujukan kepada semua Kakanwil, dan semua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) seluruh Embarkasi di Indonesia.

"Sementara pelantikan PPIH Embarkasi Banda Aceh, rencananya dilaksanakan Jumat (7/7) di UPT Asrama Haji Aceh," tutup Kabid PHU. []

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh