Dua Cara Membangun Sistem Keluarga Muslim

Kankemenag Nagan Raya 20-06-2017 13:56

Kuala (RisQy)---Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kuala, Nagan Raya, Ismunadi, S.Hi mengisi tausiah ba'da dhuhur di Mushalla Kankemenag Nagan Raya, Selasa (20/6). Adapun materi yang ia sampaikan adalah membangun sistem keluarga muslim.

Ismunadi mengatakan penting sekali membangun sistem dalam sebuah keluarga muslim untuk kehidupan yang lebih bermartabat, penuh intergritas bemoral dan beraklhak mulia seperti yang di contohkan Rasulullah SAW.

"Dalam kehidupan ini ada dua hal yang perlu kita benahi, yaitu syukur dan  sabar, dengan syukur kita akan merasa cukup dalam segala hal dan menerima hidup apa adanya sesuai dengan kemampuan kita dan tidak muluk-muluk dalam menggapai sesuatu yang di luar batas kemampuan kita. Sedangkan dengan sabar kita akan mampu menghadapi setiap realitas kehidupan dalam keadaan apapun baik suka maupun duka," katanya.

Dengan menerapkan kedua hal tersebut akan dapat membangun sistem  rumah tangga yang Islami.

"Marilah kita bersama-sama membangun sistem keluarga muslim yang lebih madani dengan menanamkan rasa syukur dan sabar, melalui syukur insya Allah keluarga kita akan makmur dan dengan sabar insya Allah keluarga kita tidak akan bubar," Tutup Ismunadi. [SY]  



Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
RENUNGAN
  • Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui. (QS. Ali-lmran: 135)

  • Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr: 1-3).

  • Hadis riwayat Aisyah ra., ia berkata:
    Tatkala ditimpa suatu musibah, Rasulullah saw. akan menampakkan rasa sedih pada roman wajahnya. Bila hatinya merasa sempit, akan tampak pada raut wajahnya. Beliau bersabda bersabda: Kutukan Allah atas orang-orang Yahudi dan orang-orang Kristen yang menjadikan kuburan nabi-nabi mereka sebagai mesjid. Beliau memperingatkan apa yang mereka perbuat tersebut. (Shahih Muslim No.826)

CONNECT & FOLLOW