Penetapan Zakat Fitrah 1438 H di Aceh Jaya

Kankemenag Aceh Jaya 16-06-2017 14:20


Aceh Jaya (Humas)---Kementerian Agama Kabupaten  Aceh Jaya telah menetapkan besaran zakat fitrah tahun 1438H/2017 M dalam bentuk uang antara Rp.34.200 sampai Rp. 40.700 sesuai dengan hasil survey harga pasar di tiga titik dalam wilayah Kabupaten tersebut.

Demikian disampaikan oleh Kakankemenag Aceh Jaya Samsul Bahri, S.Ag di dampingi Kasi Bimas Islam Drs. Aidarus, Jum’at (16/6) di  ruang kerjanya.

Penetapan zakat fitrah tersebut ditetapkan berdasarkan rapat  antar instansi yang dilaksanakan di ruang rapat Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Jaya yang dihadiri oleh Kakankemenag Aceh Jaya, Ketua Mahkamah Syar’iyah Calang, Dinas Syari’at Islam, Baitul Mal dan undangan lainnya.

Kasi Bimas Islam lebih lanjut menyampaikan bahwa besaran pengeluaran zakat fitrah yang wajib dikeluarkan sesuai dengan ketentuan fiqh yaitu untuk satu jiwa sebesar 1 (satu) sha’ makanan mengenyangkan atau sama dengan 2,8 Kg dan disesuaikan dengan makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

"Untuk wilayah Aceh Jaya sendiri berdasarkan hasil survey ada tiga kategori jenis beras yang dikonsumsi masyarakat yaitu kategori 1 dengan harga Rp 160.000 / sak, maka zakat fitrah yang harus dikeluarkan sebesar Rp. 40.700, Kategori 2 dengan harga Rp. 155.000 / sak, zakat fitrahnya Rp. 39.600 dan kategori ke 3 dengan harga beras Rp. 135.000 / sak, maka zakat fitrahnya Rp. 34.200,"Jelas Aidarus. [SY]

Kategori Urusan Agama Islam & Pembinaan Syariah
RENUNGAN
  • Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui. (QS. Ali-lmran: 135)

  • Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr: 1-3).

  • Hadis riwayat Aisyah ra., ia berkata:
    Tatkala ditimpa suatu musibah, Rasulullah saw. akan menampakkan rasa sedih pada roman wajahnya. Bila hatinya merasa sempit, akan tampak pada raut wajahnya. Beliau bersabda bersabda: Kutukan Allah atas orang-orang Yahudi dan orang-orang Kristen yang menjadikan kuburan nabi-nabi mereka sebagai mesjid. Beliau memperingatkan apa yang mereka perbuat tersebut. (Shahih Muslim No.826)

CONNECT & FOLLOW