CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Malam Pertama Tarawih, Kakanwil Ceramah di Baiturrahman

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 2161
Sabtu, 27 Mei 2017
Featured Image

Banda Aceh (Inmas) --- Setelah sampaikankondisi terkini pembangunan Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Kepala KantorWilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Drs HM Daud Pakeh, ajak jamaahmemanfaatkan momentum Ramadhan tahun ini, untuk meningkatkan ibadah danketakwaan kepada Allah Swt.

Seiring denganrenovasi Masjid Raya, Kakanwil ajak warga, para jamaah yang hadir ke RumahAllah ini, mudah-mudahan bisa memotivasi ibadahnya, terutama di Bulan Ramadhan1438 Hijriah ini.

"Dengankemegahan masjid ini, yang seakan-akan kita sedang memasuki Masjid Nabawi, makamari kita tingkatkan ibadah kepada Allah," ajak Kakanwil, lewat ceramahmalam perdana, malam Sabtu atau Jumat malam (26/5). Kakanwil dan tim baru sajadari Pusat Observatorium Hilal Tgk Chik Kuta Karang, Pantai Lhoknga,Aceh Besar.

"Juga mari kita perbanyak berdoa kepada Allah, semoga Allah memberikita kemudahan untuk bisa juga ke Masjid Nabawi," pinta Kakanwil, di depanjamaah yang membludak di selatan dan utara masjid, dan hingga ke menara utamadan sisi kolam itu.

Jamaah laki-lakidan perempuan dipisahkan, dan ada petugas yang mengaturnya. Kakanwil ajakjamaah patuhilah pada petugas yang mengatur.           

Tentang pembangunanrenovasi masjid, sebut Kakanwil, bahwa usai diresmikan Wapres, Sabtu (13/5)lalu, Masjid Raya kini telah mampu menampung jamaah sebanyak 24 ribu, yangsebelum renovasi hanya mampu menampung 9 ribu jamaah.

Di sisi lainceramah yang juga hadir antara lain Sekda Aceh itu, Kakanwil jelaskan pula tatatertib shalat di Baiturrahman yang kini miliki 12 payung elektrik, untuk kenyamananbersama.

Kakanwil sebutkantata tertib tarawih dan witir, yang biasa disampaikannya pada malam pertamaoleh Imam Besar Prof Dr H Azman Ismail MA. Jelas Kakanwil untuk memberitahukanjamaah, bahwa saat ini Gubernur Aceh dan Imam Besar sedang di MakkahAl-Mukarramah untuk umrah. Menurut jadwal memang, malam pertama ceramah diMasjid Raya disampaikan oleh Imam Besar, dan malam kedua oleh Gubernur Aceh.

"Selamasebulan malam-malam Ramadhan, shalat tarawih diimami oleh SyeikhAbdelrahman Eldesouky Taha Radwan dari Mesir. Ini menambah lagi , benar-benar kehadiran syekh, seakan-akan kitaberdiri di Masjid Nabawi," sambung Kakanwil.          

"Mogaketertiban Masjid Raya Baiturrahman bisa kita jaga. Moga masjid semakin indahdan nyaman. Siapa pun yang berkuasa di masa mendatang, mudah-mudahan MasjidRaya menjadi perhatian bersama, juga masjid-masjid lainnya," tutupKakanwil.yakub]

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh