CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

MTsN Janarata Jelaskan Fungsi Bijian Pengembangbiakan, Kankemenag Hadir

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 699
Selasa, 25 April 2017
Featured Image

[Redelong | Inmas]  Bener Meriah telah memiliki 38 Fasilitator Daerah (Fasda) bidang pembelajaran dan manajemen sekolah MI/SD dan MTs/SMP. Serta Fasda Buku Bacaan Berjenjang (B3) untuk membaca kelas awal MI/SD.

Ada 23 sekolah menjadi mitra USAID PRIORITAS dan sudah dilatih 353 orang guru/kepsek dan komite dengan pendekatan praktis, partisipatif, menggunakan banyak video, praktik mengajar, dan pendampingan.

Selain itu USAID telah menghibahkan 3.450 buku untuk meningkatkan budaya baca di sekolah mitranya dan menambah hibah 6.750 B3 kepada 90 MI/SD untuk keterampilan membaca dan pemahaman bacaan pada kelas awal MI/SD.

Program ini juga telah didiseminasi (disebarluarkan secara mandiri) pada sekolah 115 sekolah dengan total peserta yang telah dilatih 747 menggunakan dana BOS dan mandiri sebesar Rp 425.000.000.

Dampak dari program ini pada sekolah mitra, terjadi perubahan/ peningkatan dalam peran guru mengajar, sikap dan kegiatan siswa, peningkatan kinerja siswa, minat dan kemampuan baca, lingkungan sekolah, manajemen sekolah dan partisipasi masyarakat.

Selama 4 tahun terakhir, siswa pendidikan dasar (MI/SD dan MTs/SMP) makin terampil dan mampu berinovasi dalam pembelajaran. Hal tersebut disampaikan oleh Plt Bupati Bener Meriah Drs Rusli M Saleh saat menutup Program USAID PRIORITAS di kabupaten tersebut, Selasa (25/4).

[Foto bersama Stakeholder Pendidikan Bener Meriah, Bupati, Ketua DPRK, Kapolres, Dandim, Disdik, dan Kemenag]

"Program ini telah berjalan selama 5 tahun sesuai dengan masa kepemimpinan kami, banyak perubahan yang terlihat pada pembelajaran selain terampil dan melakukan inovasi baru, kini intelektualitas siswa meningkat dan mereka sudah berani tampil di depan umum seperti hari ini untuk memperagakan media pembelajaran," kata Bupati pada kegiatan yang bertajuk Rapat Pemangku Kepentingan dan Penutupan Program USAID PRIORITAS di aula Kantor Bupati.

Dengan akan berakhirnya program ini, bupati berharap dinas pendidikan dan kepemimpinan yang baru dapat terus memberdayakan fasda yang terampil untuk terus melatih guru.

[Siswa SDN 2 Lampahan menjelaskan membuat media Periskop sederhana]

Selain hadir Kankemenag, kegiatan juga dihadiri Ketua DPRK, Kapolres, Dandim, Dinas Pendidikan, BKPP, kepala sekolah mitra dan fasda tersebut. Di sana siswa menampilkan demo media pembelajaran.

Praktik dilakukan siswa SDN Lampahan mewakili jenjang MI/SD dan MTsN Janarata mewakili jenjang MTs/SMP. Jenjang SD/MI menampilkan cara membuat dan memanfaatkan periskop sederhana dengan menggunakan media karton dan cermin bekas.

"Periskop ini biasa digunakan pada kapal selam dan kami membuatnya secara sederhana untuk mengetahui fungsi dan kegunaannya," jelas siswa SD tersebut.

Sementara itu, jenjang MTs/SMP, siswa dari Janarata Pondok Baru itu, jelaskan tentang Perkembangbiakan tumbuhan generatif dan vegetatif dengan menggunakan biji-bijian dan mengetahui fungsi serta jangka waktu pembibitan sesuai dengan kearifan lokal.

Ridwan Ibrahim, Koordinator USAID PRIORITAS mengatakan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bener Meriah sudah berjalan dengan sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil evaluasi dan dokumentasi praktik baik yang dikumpulkan dari sekolah mitra dan fasda.

Dalam pertemuan ini diungkapkan tantangan dan peluang bagi kemajuan pendidikan di Bener Meriah, di antaranya Fasda yang selalu diberdayakan untuk melatih dan mendampingi sekolah/madrasah, terutama untuk tetap berkomitmen melaksanakan praktik yang.

Pemilihan sekolah "praktik yang baik" yang siap untuk berbagi pengalaman mereka dan Forum KKG/MGMP yang telah berjalan dengan baik sebagai ajang bagi guru pembelajar untuk saling membelajarkan. Budaya membaca terus ditumbuh berkembangkan seiring dengan meningkatnya kemampuan siswa memahami bacaan. [yakub]

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh