Kakanwil Pantau UAMBN di Dayah Insan Qur'ani

Kemenag Aceh 20-04-2017 09:34

Aceh Besar (Inmas)---Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Drs. H. M. Daud Pakeh meninjau pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) tingkat Tsanawiyah Tahun 2017 di Dayah Insan Qur'ani Aceh Besar, Kamis, 20/4/2017.

Madrasah Tsanawiyah Insan Qur'ani merupakan ujian nasional pertama yang mereka ikuti sejak berdirinya Dayah tersebut sekitar 3 tahun lalu, namun santri Dayah tersebut telah mampu mengukir prestasi gemilang baik di Provinsi maupun Nasional.

Dalam kesempatan tersebut Kakanwil memastikan pelaksanaan ujian berjalan dengan jujur dan lancar.

Kedatangan Kakanwil ke Dayah tersebut disambut Pimpinan Dayah Insan Qur'ani, Ust. Muzakkir, S. Ag.

Kakanwil menyampaikan bahwa kedatangannya ke Dayah tersebut bukan hanya monitoring tapi sebagai bentuk spirit untuk lembaga pendidikan.

Namun, mengingat para siswa sedang mengikuti ujian, agar tidak terganggu Kakanwil tidak masuk ke dalam ruangan dan hanya meninjau dari luar kelas.

"Anak-anak lagi ujian, saya tidak masuk, nanti terganggu Konsentrasi mereka," ujar Kakanwil.

Setelah melihat suasana ujian, Kakanwil berbincang dan berdiskusi tentang perkembangan Dayah Insan Qur'ani dengan pimpinan Dayah tersebut.

"Alhamdulillah perkembangan Dayah Insan Qur'ani sangat cepat,"ujar Kakanwil. 

Dalam kesempatan tersebut Kakanwil juga mengatakan bahwa sampai hari ini pelaksanaan UAMBN di seluruh Aceh berjalan dengan lancar.

"Secara umum, berdasarkan laporan dari tim Kanwil Kemenag Aceh yang melakukan monitoring ke UAMBN ke seluruh Kabupaten/Kota di Aceh Alhamdulillah pelaksanaan ujian berjalan dengan lancar," ujar Kakanwil. []

Kategori Informasi dan Humas
RENUNGAN
  • Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui. (QS. Ali-lmran: 135)

  • Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr: 1-3).

  • Hadis riwayat Aisyah ra., ia berkata:
    Tatkala ditimpa suatu musibah, Rasulullah saw. akan menampakkan rasa sedih pada roman wajahnya. Bila hatinya merasa sempit, akan tampak pada raut wajahnya. Beliau bersabda bersabda: Kutukan Allah atas orang-orang Yahudi dan orang-orang Kristen yang menjadikan kuburan nabi-nabi mereka sebagai mesjid. Beliau memperingatkan apa yang mereka perbuat tersebut. (Shahih Muslim No.826)

CONNECT & FOLLOW