Ini Kegiatan MIN 1 Kota Subulussalam yang tak Dimiliki Sekolah Lain

Kemenag Aceh 20-04-2017 08:47

[Subulussalam | Faisal] Demi meningkatkan karakter siswa serta membentuk keperibadian yang relijius dan jenius dalam bidang agama, siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Subulussalam membudayakan Praktek shalat dan 10 menit mengaji sebelum masuk kelas.

Misalnya Kamis (20/4), budaya praktek shalat dan 10 menit mengaji  tersebut merupakan salah satu "Program Imtaq" yang terjadwal. Selain Kamis, 'praktikum' ada Senin, Selasa, dan Jum'at.

Jamaah dibimbing langsung oleh dewan guru pembina imtaq yaitu setiap wali kelas masing-masing.

Arpiandi Barus, Pembina Imtaq, selaku Wali Kelas, saat dikonfirmasi admin, menjelaskan bahwa kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh siswa baik dari kelas I sampai dengan kelas VI.

"Dengan terbiasa mengaji dan shalat nantinya siswa  akan terbiasa shalat dan mengucap huruf Arab dengan baik dan benar sesuai dengan lafaznya," tuturnya.

Sementara itu Kepala MIN 1 Kota Subulussalam Kamaruddin, S.Ag  menuturkan bahwa kegiatan mengaji dan praktek sholat tersebut, merupakan program pokok di MIN 1 Kota Subulussalam yang selama ini terbina dengan baik.

"Dengan adanya program 10 menit  mengaji dan praktek shalat  ini diharapkan seluruh siswa MIN 1 Kota Subulussalam mampu membaca Al Qur'an dengan baik dan diharapkan pula para siswa mampu mengartikannya dengan benar," pungkas Kamaruddin. [yyy]

Kategori Pendidikan Madrasah
RENUNGAN
  • Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui. (QS. Ali-lmran: 135)

  • Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr: 1-3).

  • Hadis riwayat Aisyah ra., ia berkata:
    Tatkala ditimpa suatu musibah, Rasulullah saw. akan menampakkan rasa sedih pada roman wajahnya. Bila hatinya merasa sempit, akan tampak pada raut wajahnya. Beliau bersabda bersabda: Kutukan Allah atas orang-orang Yahudi dan orang-orang Kristen yang menjadikan kuburan nabi-nabi mereka sebagai mesjid. Beliau memperingatkan apa yang mereka perbuat tersebut. (Shahih Muslim No.826)

CONNECT & FOLLOW