Kemenag Gelar Bimtek Standarisasi Layanan KUA se Aceh

Kemenag Aceh 19-04-2017 21:30

Banda Aceh (Inmas) - - - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Drs. H. M. Daud Pakeh membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Teknis Standarisasi Layanan KUA di Hotel Oasis Banda Aceh, Rabu (19/4) Malam. 

Dalam sambutannya, Kakanwil mengajak peserta yang merupakan Kepala Seksi Bimas Islam dan Ketua forum Kepala KUA Kecamatan dalam Provinsi Aceh untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya yang berhubungan dengan Pelayanan di KUA.

"Berikan Pelayanan Nikah yang disenangi dan berintegritas, apalagi hari ini perkembangan zaman dan teknologi cukup pesat, maka kita juga harus menyesuaikan," ujar Kakanwil.

Selain itu, Kakanwil juga mengatakan bahwa Citra baik layanan masyarakat pada KUA Kecamatan mencerminkan citra baik Kementerian Agama.

"Pelayanan di KUA adalah ujung tombak, KUA memberikan pelayanan pelayanan langsung kepada masyarakat, upaya dan usaha terus kita lakukan pelayanan Prima di KUA," lanjut Kakanwil.

Kegiatan Bimbingan Teknis Standarisasi Layanan KUA tersebut dilaksanakan oleh Kanwil Kemenag Aceh melalui Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah dengan tujuan untuk mewujudkan Standarisasi pelayanan KUA Kecamatan dalam Provinsi Aceh dan juga penyampaian sejumlah informasi dan regulasi terbaru tentang pelayanan KUA seperti pencatatan nikah warga negara asing DAN Pernikahan luar Negeri.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga hari, mulai dari tanggal 19 s.d 21 April 2017 dan diikuti oleh 46 peserta yang terdiri dari 23 Kepala Seksi Bimas Islam dan Ketua Forum KUA Kecamatan se Provinsi Aceh. []

Kategori Informasi dan Humas
RENUNGAN
  • Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui. (QS. Ali-lmran: 135)

  • Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr: 1-3).

  • Hadis riwayat Aisyah ra., ia berkata:
    Tatkala ditimpa suatu musibah, Rasulullah saw. akan menampakkan rasa sedih pada roman wajahnya. Bila hatinya merasa sempit, akan tampak pada raut wajahnya. Beliau bersabda bersabda: Kutukan Allah atas orang-orang Yahudi dan orang-orang Kristen yang menjadikan kuburan nabi-nabi mereka sebagai mesjid. Beliau memperingatkan apa yang mereka perbuat tersebut. (Shahih Muslim No.826)

CONNECT & FOLLOW