Air Mata "Bahagia" Masyarakat Kala Wih Ilang

Kemenag Aceh 14-04-2017 22:05

Aceh Tengah (Catatan Inmas)--- Rasa haru serta bahagia warnai acara peletakan batu pertama pembangunan gedung Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Kala Wih Ilang Kecamatan Pegasing Aceh Tengah yang dilakukan oleh Kakanwil Kemenag Aceh, Drs. H. M.  Daud Pakeh, Rabu,  12 April 2017, di Kala Wih Ilang.

Terlihat, beberpa warga yang menyaksikan prosesi peletakan batu pertama MIS Kala Wih Ilang tersebut mengucurkan air mata dan tesengguk-sengguk, hal ini disebakan karena rasa bahagia melihat respon yang tidak diduga masyarakat dusun tersebut.

Kepala dusun Kala Wih Ilang,  Kampung Wih Ilang, kecamatan Pegasing mengaku bahagia melihat respon dari pemerintah mengenai kondisi pendidikan di dusun Kala Wih Ilang tersebut.

Kami terharu dan sangat bahagia, pemerintah khususnya Kakanwil Kemenag Aceh bapak Daud Pakeh cepat merespon kondisi pendidikan disini," kata James Ginting, warga dusun tersebut.

Diakatakanya,  sekarang sudah dan akan dibangun Ruang Kelas Belajar (RKB) sekolah Madrasah Ibtida’iyah Swasta (MIS)  kala Wih Ilang sebanyak tiga ruangan dari Kakanwil Kemenag Aceh, dan juga dari pemerintah daerah sebanyak tiga ruangan.

"Hari ini peletakan batu pertama yang dilakukan oleh Kakanwil Kemenag Aceh, untuk itu kami sangat berterimakasih dan sangat senang sekali," ujarnya.

Selain itu, dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Takengon  yang telah menggedor pemerintah, dengan begitu pemerintah tau dan merespon kondisi masyarakat di Kala Wih Ilang.

"Pak Kanwil, Jalan kesini juga sudah di perbaiki,  banyak sudah perubahan disini semenjak mahasiswa itu datang dan sepulang bapak beberapa waktu lalu, selalu saja ada orang yang datang dan membantu masyarakat disini," demikian James Ginting.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Sulastri, Kepala MIS tersebut, ia mengaku terharu dan tidak menyangka bangunan Madrasah yang telah berdiri sejak 4 tahun terakhir ini dalam waktu dekat sudah punya ruang kelas yang layak.

"Alhamdulillah, sebentar lagi anak-anak akan menikmati pembelajaran di ruang kelas yang layak. Sangat terharu, saya tak lagi bisa berkata-kata, terimakasih pak Kanwil, " ujar Sulastri.

Sebelum acara peletakan batu pertama MIS Kala Wih Ilang,  dilakukan proses pensyahadatan sebelas warga Dusun Kala Wih Ilang yang semula beragama Kristen menjadi Muslim,  pengucapan dua kalimat syahadat tersebut dipimpin oleh Tgk. H. M.  Isa Umar, disaksikan oleh Dr. Tgk. H. Mahmud Ibrahim, Bupati Aceh Tengah diwakili oleh Kepala Dinas Syari’at Islam, Drs.  Alam Syuhada, Kakanwil Kemenag Aceh, Daud Pakeh, Kepala Kakamenag Aceh Tengah, Amrun Saleh, Ketua HMI cab Takengon, Feri Yanto, beserta masyarakat setempat.

Dalam kesempatan tersebut, Kakanwil juga menyerahkan Bantuan peralatan sekolah berupa Tas, Alat tulis dan sejumlah buku lainnya kepada seluruh Siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Kala Wih Ilang yang merupakan Sumbangan Pribadi Kakanwil dan Kasubbag Perencanaan dan Keuangan Kanwil Kemenag Aceh.

"Semoga anak-anak kami disini juga bisa ke sekolah dengan peralatan lengkap saat ke sekolah," ujar Kakanwil.

Dalam kesempatan tersebut hadir sejumlah pejabat jajaran Kanwil Kemenag Aceh, Kabid Pendidikan Madrasah, Kabid Urais dan Binsyar, Kasubbag Perencanaan dan Keuangan, Kasubbag Kepegawaian dan Kasubbag Inmas. []

Kategori Informasi dan Humas
RENUNGAN
  • Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui. (QS. Ali-lmran: 135)

  • Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr: 1-3).

  • Hadis riwayat Aisyah ra., ia berkata:
    Tatkala ditimpa suatu musibah, Rasulullah saw. akan menampakkan rasa sedih pada roman wajahnya. Bila hatinya merasa sempit, akan tampak pada raut wajahnya. Beliau bersabda bersabda: Kutukan Allah atas orang-orang Yahudi dan orang-orang Kristen yang menjadikan kuburan nabi-nabi mereka sebagai mesjid. Beliau memperingatkan apa yang mereka perbuat tersebut. (Shahih Muslim No.826)

CONNECT & FOLLOW