Workshop Penguatan PAI Unggulan SD, Supaya Sama Unggul dengan Sains

Kemenag Aceh 13-04-2017 17:50

[Banda Aceh | Inmas]  Bidang Pendidikan Agama Islam (PAI) Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh gelar Workhop Penguatan PAI Unggulan pada SD Tahun 2017, bersama 40 peserta se Aceh.

Dalam sambutan sesi pembukaan, Kamis (13/4) sore, Plh Kakanwil Kemenag Aceh Drs H Saifuddin AR mengharapkan adanya penekanan pendidikan pada akhlaqul karimah. "Yang utama dan pertama pembangunan di Aceh yaitu pendidikan agama," harapnya.

"Memikirkan pendidikan tak habis-habis selama hidup," katanya. Plh Kakanwil menyebutkan sejumlah hambatan pembangunan pendidikan, dan solusinya.

"Kita harus bangkit dengan pengembangan PAI Unggulan di SD, jangan kalah dengan unggulan sains. Jika unggulan sains tanpa diimbangi dengan unggulan PAI, akan kita petik akibatnya seperti warisan masa lalu itu," sebutnya, sebelum 'sepatah dua patah kata' dari Disdik Aceh dan sambutan Ketua Komisi V DPRA.

Plh Kakanwil jelaskan hambatan pengembangan PAI selama ini. "Termasuk fasilitas untuk praktik PAI yang serba kurang," katanya.

Plh Kakanwil, yang juga Kabid PAI itu, kembali menyorot aneka darurat di Aceh, termasuk darurat pendidikan agama. "Karena hasil pendidikan agama tidak seimbang dengan perkembangan informasi dan teknologi," ucapnya, di Hotel Grand Permata Hati Blang Oi Banda Aceh.

Dalam acara selama tiga hari, selain Kakanwil yang menyampaikan materi Kebijakan Kakanwil Provinsi Aceh, materi lain adalah Kebijakan Bidang PAI tentang Pelaksanaan PAI Unggulan pada SD bersama Drs H Saifuddin AR.

Acara dihadiri pejabat Disdik Aceh, Komisi V DPRA, MPA (dulu MPD), dan para Kabid (yang mewakili), serta akademisi.

"Saya mengharapkan nanti, sekembali bapak/ibu, kembangkan PAI yang ada, sehingga menjadi contoh di tempat lain," sebutnya.

Materi lainnya, Strategi Perkembangan PAI Unggulan pada SD bersama Dr Halfiah Lubis SH MAg. Dan materi Butir-butir Penilaian PAI Unggulan bersama Dr H Syahbuddin Gade.

Kebijakan Dukungan Pengembangan PAI Unggulan di Aceh Mohd Alfatah SAg. Ada materi Pelaksanaan PAI Unggulan pada SD bersama Drs Sulaiman Lt.

Juga Penyusunan Program Pelaksanaan PAI Unggulan pada SD bersama Mustafa SPdI.

Acara diawali dengan lantunan Kalam Allah, beberapa ayat dari QS Luqman, tentang ajakan berbakti kepada Allah dan orang tua, serta tidak jatuh ke kesyrikan, bersama Ustadz Drs H Mukzi Abdullah, Kasi di Bidang PHU Kanwil. [yakub]

Kategori Informasi dan Humas Pendidikan Agama Islam