CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Meski di Tangse, Guru MGMP tak Henti Berlatih

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 947
Senin, 27 Maret 2017
Featured Image

[Tangse Pidie | Inmas]  Kali ini, ada 95 guru dan Kepala Madrasah (MTs) dan Kepala Sekolah (SMP), yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Rayon V Pidie memulai Pelatihan Praktik yang Baik Modul 3 USAID PRIORITAS hingga Rabu (29/3).

Kegiatan yang berlangsung di SMPN 1 Tangse tersebut merupakan lanjutan dari pelatihan Modul 1 dan 2 yang telah berlangsung beberapa bulan lalu. Pelatihan diseminasi ini dapat dilaksanakan berkat kerjasama yang baik antar semua guru bidang studi dan dukungan kepala madrasah/sekolah.

Nasrul SPd MPd, yang mewakili Disdik Pidie dalam arahannya mengharapkan semua peserta untuk mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh sehingga para guru mampu meningkatkan kualitas pendidikan di Pidie.

"Peserta pelatihan jangan hanya Datang, Duduk, Diam dan Pulang, tapi manfaatkanlah pelatihan ini untuk meningkatkan profesionalisme guru," kata Nasrul yang mengapresiasi semangat para guru untuk terus belajar dengan menggunakan dana secara mandiri. Ia juga memberi semangat agar guru di Tangse-Geumpang terus berlatih karena tidak ada perbedaan antara guru di desa dan di kota, oleh karenanya ia berharap peserta dapat mengikuti pelatihan dengan disiplin dan mengimplementasikan hasil pelatihan di sekolah masing masing.

Setelah mengikuti pelatihan tingkat sekolah ini, peserta diharapkan mampu (1) Memahami penilaian autentik khususnya penilaian K13 Revisi Tahun 2016; (2) Merancang langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang efektif, dan (3) Memahami portofolio sebagai salah satu teknik penilaian.

Selanjutnya (4) Mengembangkan keterampilan informasi siswa, (5) Merancang tugas kinerja dan rubriknya dan menerapkannya dalam praktik mengajar sebagai salah satu bentuk penilaian autentik, dan (6) mempraktikan dalam praktik mengajar berbagai gagasan yang dipelajari dalam pelatihan.

Sementara itu Koordinator Pelaksana, Mashadi, sangat mengapresiasi inisiatif dari peserta yang tergabung dalam MGMP Tangse tersebut untuk terus berlatih dan membiayai sendiri pelatihan untuk keprofesionalan mereka. Dari pelatihan ini peserta diharapkan dapat meningkatkan kualitas personal mereka sebagai pendidik.

"Kami berharap dengan adanya pelatihan ini, para pendidik memperoleh ilmu yang bermanfaat yang akan diterapkan di sekolah masing-masing," harap Mashadi yang juga district coordinator USAID PRIORITAS wilayah Pidie - Pidie Jaya.

Sambung staf Komunikasi USAID PRIORITAS Aceh Dr Teuku Meldi sambil ngopi sore, saat hujan lebat landa Banda Aceh dan Aceh ini, "Keseluruhan kegiatan pelatihan tersebut dipandu oleh Fasilitator Daerah (Fasda) yang telah dilatih oleh USAID PRIORITAS." Jadi meskipun mengabdi di Tangse, masuk kawasan pedalaman Pidie, tak menyurutkan semangat guru melatih dan berlatih, sejak kemarin Ahad (26/3). [yakub]

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh