Tingkatkan Kinerja KUA, Seksi Bimas Islam Lakukan Monitoring

Kemenag Aceh 21-03-2017 07:21

[Idi |Irfan Humas]  Seksi Bimas Islam Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur, H. Ahmad MA beserta seluruh stafnya melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) ke KUA Kecamatan Madad, di wilayah Kabupaten Atim.

"Monev pada Triwulan Pertama 2017 ini adalah untuk mengetahui sejauhmana kinerja KUA di Kecamatan," tutur H. Ahmad, Senin (20/3).

Lebih lanjut Kasi Bimas Islam juga menyampaikan bebarapa hal yang dilakukan pada kegiatan monitoring dengan mengevaluasi dan memeriksa administrasi seperti buku kas keuangan DIPA dan PNBP serta pemeriksaan buku perlengkapan persyaratan nikah.

Kasi Bimas berharap dengan adanya monitoring yang telah dilaksanakan dapat memberikan semangat bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di KUA dalam meningkatkan kinerja, baik dalam hal tertib administrasi maupun memberikan pelayanan nikah kepada masyarakat. Sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 48 Tahun 2014 mengenai Biaya Nikah.

H Akly SAg MH mengtakan, setiap KUA wajib memberikan pelayanan nikah kepada masyarakat dengan beracuan pada aturan dikeluarkan pemerintah.

"Untuk dapat menjadikan KUA yang berintegritas sesuai harapan bersama menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokasi Bersih dan Melayani," harapnya. [yyy]

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
RENUNGAN
  • Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui. (QS. Ali-lmran: 135)

  • Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr: 1-3).

  • Hadis riwayat Aisyah ra., ia berkata:
    Tatkala ditimpa suatu musibah, Rasulullah saw. akan menampakkan rasa sedih pada roman wajahnya. Bila hatinya merasa sempit, akan tampak pada raut wajahnya. Beliau bersabda bersabda: Kutukan Allah atas orang-orang Yahudi dan orang-orang Kristen yang menjadikan kuburan nabi-nabi mereka sebagai mesjid. Beliau memperingatkan apa yang mereka perbuat tersebut. (Shahih Muslim No.826)

CONNECT & FOLLOW