Kemenag Aceh Latih Jurnalistik 40 Siswa/siswi Madrasah se Aceh

Kemenag Aceh 15-03-2017 22:15

Banda Aceh (Inmas)---Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh melatih jurnalistik bagi 40 siswa/siswi Madrasah Aliyah di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Aceh Tahun 2017 di Hotel Kuala Radja selama tiga hari, mulai dari tanggal 15 s/d 17 Maret 2017.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kakanwil Kemenag Aceh, Drs. H. Daud Pakeh dan juga dihadiri oleh sejumlah pejabat dilingkungan Kanwil Kemenag Aceh.

Dalam sambutannya, Kakanwil menyampaikan bahwa sebuah lembaga akan terbangun dengan maksimal tidak terlepas dari peran media, dan media itu ada karena adanya jurnalis. Jadi, selain memang dibubutuhkan oleh generasi kedepan dan ingin membangun generasi yang baik dari sisi jurnalis, Kemenag juga punya potensi yang sangat luar biasa, siswa/siswi banyak yang punya bakat minat untuk jurnalis, sehingga mereka semua perlu dibina.

"Dengan melatih jurnalis siswa madrasah, minimal mereka bisa menulis apa yang terjadi di lingkungan mereka, motivasi mereka terbangun untuk menulis, minimal di sekolah sendiri dan diharapkan ini terus dibina tanpa terputus." ujar Kakanwil.

Selain itu, Kakanwil juga menyampaikan sebagai calon generasi penerus, pengalaman lapangan sangat penting dan tentu memiliki manfaat yang besar.

"Dengan pelatihan ini, anak-anak madrasah yang sudah bisa menulis akan membantu perimbangan informasi-informasi yang beredar, dapat menyampaikan informasi yang mencerahkan kepada masyarakat di berbagai media," lanjut Kakanwil.

Menariknya, dalam kesempatan tersebut Kakanwil akan memberikan penghargaan kepada peserta atau jurnalis siswa dan jurnalis siswi terbaik untuk meliput event-even nasional pada tahun ini.

"Bagi peserta terbaik, akan kami bawa untuk meliput kegiatan nasional, seperti pada tahun sebelumnya, jatah pejabat kita kurangi dan diisi oleh anak-anak kami dari jurnalis siswa dan juga jurnalis santri," ujar Kakanwil disambut tepuk tangan meriah dari peserta.

Kegiatan yang bertema “ Raih Prestasi Dalam Samudera Jurnalistik” juga akan diisi oleh Ketua PWI Aceh, Ketua LPP TVRI dan juga Wartawan Senior. []

Kategori Informasi dan Humas
RENUNGAN
  • Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui. (QS. Ali-lmran: 135)

  • Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr: 1-3).

  • Hadis riwayat Aisyah ra., ia berkata:
    Tatkala ditimpa suatu musibah, Rasulullah saw. akan menampakkan rasa sedih pada roman wajahnya. Bila hatinya merasa sempit, akan tampak pada raut wajahnya. Beliau bersabda bersabda: Kutukan Allah atas orang-orang Yahudi dan orang-orang Kristen yang menjadikan kuburan nabi-nabi mereka sebagai mesjid. Beliau memperingatkan apa yang mereka perbuat tersebut. (Shahih Muslim No.826)

CONNECT & FOLLOW