Kakankemenag dan Kasi Penmad Kunjungi Perpus MAN 3 Rukoh Banda Aceh

Kemenag Aceh 13-03-2017 15:48

[Banda Aceh | Chairul Amri] Kepala Kantor Kementerian Agama dan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kota Banda Aceh, Drs. H. Amiruddin Husen, MA dan Drs. Aiyub, MA, menjadi anggota Perpustakaan MAN 3 Kota Banda Aceh seusai kegiatan rapat rutin para kepala madrasah dalam lingkungan Kankemenag Banda Aceh, yang bertempat di Ruang Perpustakaan setempat.

Penyerahan kartu secara simbolis oleh Kepala Perpustakaan Syarifah Qadria, S. Pd yang disaksikan oleh Kepala Madrasah, Drs. Ridwan Ali, M. Pd dan Waka. Kesiswaan Drs. Syukri Ar. Pada kesempatan tersebut Pak Amir dan Pak Aiyub juga turut meminjam buku pada bagian sirkulasi Perpus yang dilayani oleh  petugas sirkulasi, Bu Novi.

Seperti telah diketahui, MAN 3 Kota Banda Aceh (MAN Rukoh) sejak tahun lalu telah melakukan terobosan dalam bidang perpustakaan dengan menggunakan aplikasi SLIMS secara online. SLIMS adalah singkatan dari  Senayan Library Management System (SLiMS),  yaitu perangkat lunak sistem manajemen perpustakaan (library management system) sumber terbuka yang dilisensikan di bawah GPL v3.

Aplikasi web yang dikembangkan oleh tim dari Pusat Informasi dan Humas Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia ini dibangun dengan menggunakan PHP, basis data MySQL, dan pengontrol versiGit. Pada tahun 2009, Senayan memenangi INAICTA 2009 untuk kategori open source.

Dengan menggunakan aplikasi ini secara online, kini anggota perpustakaan MAN 3 Kota Banda Aceh dapat melihat koleksi buku perpustakaan tanpa datang ke perpustakaan, mungkin sedang berada di kelas, di kantin, maupun sedang berada dirumah. Buku yang dicari dapat diketahui informasinya, apakah masih ada, atau sedang dipinjam.

Ketika buku yang dicari sudah didapat dan tidak ada yang meminjam, peserta didik dapat membooking atau memesan buku tersebut untuk dipinjam secara online, sehingga buku yang dicari tersebut tidak dipinjam oleh peserta didik lainnya. Setelah buku itu dibooking atau dipesan, peserta didik datang ke perpustakaan dan tinggal memberitahukan kepada petugas perpustakaan bahwa dia telah meminjam buku secara online dan memberikan Kartu ID keanggotaannya untuk mengambil buku yang telah dipesan tersebut.

"Banyak kelebihan lainnya yang bisa diperoleh dengan menggunakan aplikasi SLIMS ini seperti pembuatan kartu berbasis barcode, Pengelolaan bibiliography serta sistem pelaporan yang sangat lengkap," ujar Chairul Amri yang membantu proses instalasi aplikasi ini pada perpustakaan MAN 3 Kota Banda Aceh, pada Rabu (8/3) itu. Kunjungi kami  di: https://perpus.manrukohbna.sch.id.

[yyy]  

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota Pendidikan Madrasah
RENUNGAN
  • Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui. (QS. Ali-lmran: 135)

  • Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr: 1-3).

  • Hadis riwayat Aisyah ra., ia berkata:
    Tatkala ditimpa suatu musibah, Rasulullah saw. akan menampakkan rasa sedih pada roman wajahnya. Bila hatinya merasa sempit, akan tampak pada raut wajahnya. Beliau bersabda bersabda: Kutukan Allah atas orang-orang Yahudi dan orang-orang Kristen yang menjadikan kuburan nabi-nabi mereka sebagai mesjid. Beliau memperingatkan apa yang mereka perbuat tersebut. (Shahih Muslim No.826)

CONNECT & FOLLOW