CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Suatu Pagi, Pengantin Ini Bersama Kakanwil dan Ibu Menteri

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 2286
Minggu, 19 Februari 2017
Featured Image

[Banda Aceh | Inmas]  Menikah di masjid, apalagi dalam Masjid Raya Baiturrahman, memang satu kebahagian bagi pasangan linto dan dara baro.

Jujur ya, ada nuansa lain menikah di Rumah Allah, meskipun orang boleh bilang 'sama saja', menikah di mana pun sama.

Ijab-qabul dengan sekali lafal memang satu harapan saat 'aqad, apalagi itu langsung bersama wali calon mertua dan saksi-saksinya. Ditambah dengan doa dan restu dari keluarga dekat dan famili jauh, serta kolega. Juga doa dari guru dan anak murid.

Untuk langgeng rumah tangga, perlu kesetiaan, saling menerima, cinta kasih, saling memahami, dan seterusnya. Selama mengayuh biduk rumah tangga, memang doa dan usaha kita sama penting. Kelangggengan itupun bagian dari kebahagiaan.

Juga oleh dua mempelai, Amru Sujud ST dan Fithri Fadhlu SPd ini, yang kehadiran orang penting, saat 'aqad, menambah-nambah kebahagiannya. "O keluarga besar Kemenag juga," jawab Ibu Menag, saat mendengar Kakanwil Drs HM Daud jelaskan 'siapa' pengantin pagi itu.

Linto baro Amru ialah guru/administrasi di MAN Model, dan pengelola jaringan web di MAN. Sebelumnya sempat bersama Subbag Inmas ke Padang, dalam satu acara studi banding jaringan.

Rombongan ini ke Sumbar, bersama Kakanwil Kemenag Aceh Drs HM Daud Pakeh, Kasubbag Inmas H Rusli Lc dan jajarannya. Saat di sana, Amru dan saya, sempat satu kamar di lantai 8, Rocky Hotel, dan di sanalah kami banyak menceritakan hal ihwal pernikahan.

"Saya dulu di KUA, Pak Amru, dan kini Allah beri kami putra-putri ada lima. Ulya, Alifah, Yusuf, Harun, dan Daud namanya," jelas saya, saat dia tanyai konsep awet rumah tangga. Kata saya, ciptakan suasana harian kayak baru nikah, dan lapang dada.

"Tunggu undangan saya ustadz. Bulan dua nanti kami nikah," sambungnya. Tapi dengan siapa? dia masih rahasiakan. Cuma Amru sebut, dengan murid saya, dan ayahnya juga dosen saya.

Dan benar, Jumat saat rombongan Ibu Menteri Agama hadir ke masjid, dia menikah sah dan sah dengan Fithri. Ustadzah Fithri ialah santriwati (dulu) di lembaga kami, di TPQ Plus Baiturrahman. Kini Fithri bersama macut (adik ayah) Ust Salwa Hayati, mengelola TK dan TPA Sari, Taman Sari, depan Kanwil itu.

Dia putri pertama Fadhlullah SH MH, dosen hukum di beberapa kampus, yang juga dosen tetap di Unmuha. Saat saya kuliah S1 dulu, saya mahasiswa hukum-nya di IAIN Ar-Raniry (SPH).

Macutnya, Ustadzah Salwa Hayati Hasan SP MP, ustadzah lama di TPQ Plus. Dan Ustadzah Salwa, adik Fadhlullah. Keduanya anak Tgk Muhammad Hasan (Kakanwil Depag era 1970).

Pernikahan itu pagi itu, Jumat (17/2). Dan pagi Ahad (19/2), dua hari setelah nikah, mempelai dan keluarga besarnya resepsikan pernikahannya, di Gedung BKOW, di utara Kanwil, yang sebagian jajaran Kemenag juga diundang.

Sebelumnya, dalam kunjungannya ke Masjid Raya Baiturrahman, Jumat (7/2) pagi, Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama RI, Hj Trisna Willy Lukman Hakim dan rombongan, kagumi kondisi luar dan dalam masjid yang letaknya di tengah kota itu.

Di samping itu, rombongan Ibu Menag RI yang didampingi Ketua DWP Kanwil Kemenag Aceh Hj Nur Azizah itu, juga berkesan dengan pembangunan payung Baiturrahman, yang di bawahnya sedang dirampungkan basement itu.

Rombongan disambut Imam Besar Prof Dr Tgk H Azman Ismail MA dan Pengurus Masjid Raya Baiturrahman di ruang imam. Dalam ramah tamah itu, Imam Besar kisahkan kondisi masjid, masa silam, saat tsunami, dan perkembangan masjid sekarang, juga dengan Madrasah Darusysyari'ah yang kini direlokasi di barat masjid (di komplek rumah imam), secara terpisah di Punge Jurong itu.

Selama di Masjid Raya, ikut didampingi Kakanwil Kemenag Aceh Drs HM Daud Pakeh yang ikut menanti bersama jajaran Inmas dan Pengurus DWP Kemenag Aceh.

Rombongan lanjut ke dalam masjid, dan sempat pose bersama penganti baru. Kakanwil sebelum foto bersama, jelaskan, bahwa mempelai pria Amru Sujud itu, salah satu guru honorer di MAN Model dan baru saja ikut rombongan Kanwil ke Sumbar, Januari lalu.

"Sedangkan dara baro ini cucunya mantan Kakanwil Depag," jelasnya pada Ibu Penasehat DWP Kemenag itu. Fithri Fadli (mempelai wanita) ialah putri Fadhlullah bin Muhammad Hasan. Almarhum Tgk M Hasan ialah mantan Kakanwil Depag era 1970, dan pernah juga jadi imam di Baiturrahman.

Kunjungan rombongan ke Baiturrahman ini, sebelum mengunjungi Museum Tsunami (Mutsu) Aceh di selatan Blang Padang.

Rombongan DWP Kemenag RI sehari sebelumnya, Kamis (16/2) sore dan malam gelar silaturrahmi di Kanwil, sekembali dari acara penyerahan bantuan di Pijay, siang Kamisnya. [admin, muhammad yakub yahya dkk]


Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh