CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Bazis Unit Kemenag Aceh Barat Setor Zakat ke Baitul Mal

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 949
Senin, 16 Januari 2017
Featured Image

[Meulaboh | Jufrizal Muadz] Badan Zakat Infaq Sadakah (BAZIS) Unit Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat mulai menyetor zakat ke Baitul Mal Aceh Barat, Senin (16/1) di ruang Kerja Kakanekemag Aceh Barat. Jumlah zakat yang disetorkan selama tahun 2016 sebesar Rp. 673.987.267.

Penyetoran zakat lewat Baitul Mal Aceh Barat ini bagian dari realiasasi pascaaudiensi Baitul Mal Aceh ke instansi-instansi vertikal. Dana zakat dari salah satu Satker Kemenag Aceh itu diserahkan langsung Kakankemeang Aceh Barat H. Habib Badaruddin, S.Sos, dan diterima oleh Kepala Baitul Mal Aceh Barat, dalam hal ini diwakili Kabag Pendataan dan Perwalian, H. Amran Usman. Penyerahan zakat di saksikan oleh Ka. Penyelenggara Syariah Irwadi, SE dan Kasi PD. Pontren Drs. H. Mulyadi, serta pejabat Baitul Mal Aceh Barat lainnya.

Kakankemanag dalam keterangannya mengatakan, "Zakat yang kami serahkan hari ini adalah yang dikumpulkan selama setahun, untuk tahun 2017 dan seterusnya. Zakat akan disetor setiap tiga bulan sekali."

Ia menjelaskan apa yang ia laksanakan hari ini bukan hanya perintah undang-undang, tetapi perintah membayar zakat merupakan perintah Allah SWT. Alasan memilih menyetorkan zakatnya ke Baitul Mal, tambahnya, karena Baitul Mal adalah lembaga resmi pemerintah, apalagi beberapa waktu lalu telah mendapatkan award dari Kemenag RI. Artinya lembaganya sudah terjamin.

Sementara itu, Kabag Pendataan dan Perwalian Baitu Mal Aceh Barat H. Amran Usman mengatakan penyetoran zakat yang dilakukan Satker Kemenag Aceh Barat dapat dicontohi oleh instansi-instansi vertikal lainnya. Jika semua lembaga pemerintah dan swasta membayar zakat, maka kemiskinan di Aceh khusunya Aceh Barat dipastikan akan berkurang.

Selain itu, dia menjelaskan kemana saja zakat disalurkan dan apa saja program-progam Baitul Mal Aceh selama ini. Katanya, di Baitul Mal ada berbagai program pemberdayaan yang membantu masyarakat miskin, seperti bantuan modal usaha, beasiswa pendidikan, bantuan sosial, membangun rumah dhuafa, dan beberapa macam pemberdayaan lainnya. [yyy]

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh