CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Kloter 8 Tiba, Diskusi Keuangan Bersama Yah Wa

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 286
Selasa, 27 September 2016
Featured Image

[Banda Aceh | Yakub] Siang Selasa (27/9), saat Kloter 8 Debarkasi Banda Aceh, jamaah dari 13 kabupaten/kota, mendarat di bandara, Kasubbag Perencanaan dan Keuangan, sampaikan materi tentang 'keuangan'.

Usai itu, hingga magrib, Pgs Kasubbag Hukum dan Kerukunan Umat Beragama (KUB), Rakhmad Mulyana SAg MSi, sampaikan materi Tugas dan Fungsi Subbag Hukum dan KUB.

Dalam sesi dialog Kasubbag Perencanaan dan Keuangan, H Saifuddin SE dan peserta Workshop Perundang-Undangan seputar Tugas dan Fungsi Kemenag Aceh, bahas seputar tunjangan kinerja (Tunkin), dana sertifikasi, aneka biaya, pembelian, pengadaan, utang, BOS, PIP, laporan, hingga biaya (tunggakan) listrik.

Pada 40 peserta, yang umumnya dari Kasubbag TU itu, Kasubbag Keuangan harapkan tunkin, dana sertifikasi, dan honor dibayar perbulan, untuk menghindari pemotongan.

H Saifuddin SE yang disapa Yah Wa, minta pada peserta ada dan jajaran Kemenag, dimohon SK pengelola keuangan harus (mesti) dikeluarkan 2 Januari, supaya pengeluaran anggaran, selanjutnya sah, absah.

Ajaknya lagi, PPK yang tidak bersertifikat harus dievaluasi setiap enam bulan.

Ajaknya, Tunkin, dan komponen pengelolaan anggaran disesuaikan dengan aturan.

Saat dialog juga mencuat, soal dana santri, pengamprahan uang untuk program pemerintah, 'Indonesia Pintar'. Ada wacana peserta, "Data PIP dan pagu kita tarik kembali ke Kanwil, atau langsung ke DIPA Kankemenag. Jika di Kankemenag tak menentu pencairan, dan jika di Kanwil, bisa kita pilah-pilahkan." Dan ternyata baiknya itu tetap bisa di Kanwil.

Jika ada masalah dengan BOS, insya Allah dengan akurat data, akan selesai masalah usulan dan penganggaran, serta pencairan dan BOS itu.

Ada peserta bertanya soal kurangnya dana, karena misalnya habis membayar tagihan listrik.

Jawaban Kasubbag, bahwa ada cara yang mudah dan tidak rugi, jika ada kendala dengan (tunggakan) pembayaran listrik, buat surat ke Kanwil dengan lampiran teguran tagihan PLN, dan tembusan atau diteruskan pada Biro Keuangan Sekjen, untuk dibayar.

Yah Wa awali materi sejak pukul 14.00 WIB di Grand Nanggroe Banda Aceh, saat jamaah haji Kloter 8 mendarat, pukul 13.59 WIB, melalui Bandara Internasional Iskandar Muda Blang Bintang. Jamaah jalani proses pemeriksaan dan penerimaan.
 
Lantas jamaah menuju Asrama Haji lewati Jembatan Pango, di samping lokasi workshop, dan begitu sampai di asrama, materi Perencanaan dan Keuangan pun usai. Lalu azan asar.
 
Allahu akbar..., penjemput penuhi halaman asrama haji.... []

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh