CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Muspika Dukung dan Apresiasi KUA Teladan Nisam

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 552
Kamis, 21 Juli 2016
Featured Image

[Nisam | Saifullah] Beberapa saat setelah Tim dari Kemenag RI Jakarta lakukan verifikasi dan penilaian KUA, Muspika (Musyawarah Pimpinan Kecamatan) Nisam sambangi KUA dalam rangka silaturrahmi dan menyambut kedatangan Tim dari Jakarta.

Muspika Nisam yang terdiri dari Camat, Danramil dan Kapolsek datang bersamaan dan disambut oleh Kepala KUA Nisam. Bertempat di ruang nikah KUA itu, Muspika dan Tim Kemenag RI lakukan diskusi tentang keadaan dan kondisi kecamatan, bahkan bercerita tentang kisah masa konflik Aceh dulu.

Camat Nisam, H. Ibrahim, S.Sos sampaikan dukungan dan apresiasi kepada Kepala KUA Nisam yang siap bekerja sama dan selalu melakukan koordinasi terkait dengan teknis kerja lapangan yang berhubungan dengan camat.

Ibrahim menyatakan “Selama ini hubungan KUA dengan Muspika berjalan dengan baik, khusus dengan kami (camat), kami juga berkoordinasi tentang istbat nikah yang datanya telah terkumpul dan  kita rencanakan terlaksana dalam tahun ini, semoga ini cepat terealisasi.”

Danramil dan Kapolsek juga sampaikan beberapa hal terkait dengan koordinasi dan hubungan kerjasama antar instansi di Kecamatan Nisam.

Kepala KUA Nisam, Lukmal Hakim Yahya, S.Ag menjelaskan “KUA Nisam telah mengumpulkan sebanyak 447 data pasangan suami istri yang tidak mempunyai kutipan akta nikah untuk di istbat nikah, terutama mereka yang menikah di masa konflik.” Lukmal berterimakasih kepada Muspika atas segala dukungan yang telah diberikan selama ini untuk KUA Nisam.

Lukmal juga menyampaikan telah melakukan koordinasi dan komunikasi dengan pihak Mahkamah Syar’iyyah Lhoksukon Aceh Utara untuk proses pelaksanaan itsbat nikah yang akan dilaksanakan berdasarkan data yang telah tersedia. Proses ini akan lebih mudah diimplementasikan karena telah ada pengalaman istbat nikah di Kecamatan Nisam Antara pada bulan Mai lalu.

Setelah lakukan diskusi, Muspika beserta tim, juga pihak KUA berfoto bersama sebagai kenangan. Muspika pun pamitan untuk melakukan kegiatan dan tugasnya masing-masing, begitu juga dengan tim melanjutkan pemeriksaan dan penilaian KUA hingga tuntas.

KUA Nisam Aceh Utara ditetapkan sebagai KUA Teladan terbaik 1 Provinsi Aceh tahun 2016 dan mewakili Aceh untuk mengikuti lomba di even nasional. Meski berdomisili di daerah pedalaman, tetapi tetap eksis dalam mewujudkan kinerja yang prima berbasis 5 Budaya Kerja Kementerian Agama RI khusus di wilayah bekas basis konflik itu. [yyy]

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh