Penetapan Zakat Fitrah di Aceh Jaya

Kemenag Aceh 28-06-2016 10:50

[Calang | Inmas]  Kementerian Agama Kabupaten Aceh Jaya pada senin (27/06) telah mengeluarkan ketetapan zakat fitrah tahun 1437 H /2016 M dalam bentuk beras dengan takaran 2,8 Kg/jiwa dan juga dalam bentuk uang dengan mengacu pada tiga tingkatan yaitu tipe A sebagai tipe tertinggi, tipe B sebagai tipe sedang dan tipe C sebagai tipe terendah

Adapun besaran bagi yang mengeluarkan dengan uang untuk Tipe A sebesar Rp. 41.000 / Jiwa, Tipe B sebesar Rp. 38. 000/Jiwa dan Tipe C sebesar Rp. 34.000 / jiwa yang berlaku untuk wilayah Kabupaten Aceh Jaya.

 Pgs. Ka.Kankemenag Kab. Aceh Jaya, Samsul Bahri, S.Ag mengatakan Penetapan ini berdasarkan hasil rapat instansi terkait yang dihadiri dari jajaran pemerintah daerah, instansi vertikal dan tokoh masyarakat dalam Kabupaten Aceh Jaya dan diharapkan dengan adanya penetapan ini menjadi pedoman bagi masyarakat dalam wilayah setempat dalam hal pembayaran zakat Fitrah. [yyy]

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
RENUNGAN
  • Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui. (QS. Ali-lmran: 135)

  • Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr: 1-3).

  • Hadis riwayat Aisyah ra., ia berkata:
    Tatkala ditimpa suatu musibah, Rasulullah saw. akan menampakkan rasa sedih pada roman wajahnya. Bila hatinya merasa sempit, akan tampak pada raut wajahnya. Beliau bersabda bersabda: Kutukan Allah atas orang-orang Yahudi dan orang-orang Kristen yang menjadikan kuburan nabi-nabi mereka sebagai mesjid. Beliau memperingatkan apa yang mereka perbuat tersebut. (Shahih Muslim No.826)

CONNECT & FOLLOW