CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Nikah Wajib Punya Sertifikat

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 452
Rabu, 20 Januari 2016
Featured Image

[Redelong | Yusra] BP4 (Badan Penasihatan, Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan) kabupaten Bener Meriah kembali adakan acara Kursus pra-nikah (Suscatin) tingkat kabupaten. Suscatin dikhususkan bagi calon pengantin yang akan melangsungkan pernikahan, dengan tema “Melalui Kursus Pra-Nikah (Suscatin) Kita Bangun Keluarga Yang Berkarakter Madani Dalam Rangka Mewujudkan Keluarga Yang Sakinah, Mawaddah Warahmah Tahun 2016”.\

Agenda ini merupakan salah satu program pemerintah Kabupaten Bener Meriah untuk mengurangi angka perceraian. Kegiatan ini juga merupakan Sebagai salah satu kegiatan rutin Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan yang akan melaksanakan akad nikah.

Kegiatan catin dilaksanakan pada hari Rabu (20/01) di Aula Kankemenag Kabupaten Bener Meriah ini diikuti sebanyak 74 pasangan catin dengan tujuan memberikan bekal pengetahuan, pemahaman dan keterampilan bagi pasangan catin dalam menata rumah tangga yang baik. Pemateri kegiatan pembinaan catin ini selain Kepala Kemenag Kab. Bener Meriah juga dari pengurus Badan Penasehatan, Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4), Kasi Bimas Islam, Psikolog dari RSUD Datu Beru Takengon dan dari Dinas Kesehatan Kab. Bener Meriah.

Dalam Peraturan Dirjen Bimas Islam tentang kursus calon pengantin No. DJ.II/491 Tahun 2009 Bab I pasal 1 ayat 2 yang menyebutkan bahwa, “kursus calon pengantin yang selanjutnya disebut dengan suscatin adalah pemberian bekal pengetahuan, pemahaman dan ketrampilan, dalam waktu singkat kepada catin tentang kehidupan rumahtangga/keluarga.”

Kepala Kankemenag Kab. Bener Meriah Drs. H.Ridwan Qari mengatakan bahwa pada dasarnya pembinaan catin ini diadakan dalam rangka upaya untuk membekali catin dalam menyongsong mahligai rumah tangga agar nantinya pasangan catin ini benar-benar siap dan memiliki ketrampilan dalam menghadapi setiap problematika keluarga. Sehingga diharapkan rumah tangga yang dibangun nanti akan menghasilkan keluarga yang berkualitas. [humaskemenagbm/y]

 

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh