CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Kakankemenag Bener Meriah Penceramah Tahun Baru Islam

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 200
Senin, 19 Oktober 2015
Featured Image

[Redelong | YusraDalam rangka menyambut 1 Muharram 1437 Hijriah atau Tahun Baru Islam, bersama masyarakat Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Bener Meriah, melalui Dinas Syariat Islam adakan zikir dan taushiyah di Masjid Agung Babussalam Simpang Tiga Redelong.

Kegiatan yang dikemas dalam bentuk zikir dan taushiyah ini mengangkat tema “Dengan Semangat Tahun Baru 1437 Hijriah Kita Tingkatkan Introspeksi Diri untuk Meningkatkan Iman, Taqwa dan Kepedulian Menuju Kemaslahatan Umat”.

Hadir dalam kegiatan ini Wakil Bupati Bener Meriah, Dandim Aceh Tengah/ Bener Meriah, Kapolres, Kajari, Anggota DPRD Kab. Bener Meriah, Ulama, Tokoh Masyarakat, Pimpinan SKPD se-Kab. Bener Meriah, Kepala Kankemenag Kab. Bener Meriah juga hadir dalam kegiatan ini bersama seluruh jajarannya dan undangan lainnya.

Wakil Bupati Bener Meriah Drs. H. Rusli M. Saleh dalam sambutannya mengungkapkan bahwa tidak terasa setahun sudah kita menjalani kehidupan ditahun 1436 Hijriah. Sekarang kita memasuki tahun baru 1437 Hijriah. Ini berarti satu tahun sudah umur kita bertambah.

Bagi manusia yang mengetahui dan memahami akan tugas dan fungsi hidup yaitu beraktifitas untuk kemaslahatan umat dan beribadah kepada Allah SWT, maka kita akan memikirkan dan membuat neraca perhitungan. Sudah sampai dimana, dan dipakai untuk apa umur kita pada waktu yang lalu.

Ia menekankan dengan adanya  peringatan 1 Muharram 1437 H ini, diharapkan supaya kita bisa memperbaiki iman dan akhlak serta ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Agar berguna untuk bangsa dan negara Kesatuan Republik Indonesia umumya dan Kab. Bener Meriah yang kita cintai Khusunya.

“Mari sama-sama kita berniat dan membulatkan tekad untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan lama yang tidak bermanfaat pada tahun lalu dan tidak diulangi pada tahun ini. Mudah-mudahan tahun ini jauh lebih baik dari tahun kemarin dan banyak membawa manfaat bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat,” lanjutnya.

Dandin Aceh Tengah/Bener Meriah menambahkan sambutan Wakil Bupati Bener Meriah dengan beberapa arahan dan bimbingan, di antaranya dia mengharapkan agar masyarakat kita bisa menjaga kerukunan antar umat beragama khusunya masyarakat Bener Meriah, selalu menjaga ketertiban, keamanan dan, tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu yang belum jelas, agar masyarakat kita bisa menjadi rukun damai antar sesama umat beragama. 

Acara ini dimulai dengan zikir yang dipandu oleh Tgk. M. Aminsyah, S.Ag dan dilanjutkan dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Tgk. Drs. H. Ridwan Qari yang menjabat sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bener Meriah. dalam tausiahnya ia menjelaskan tentang Piagam Madinah 5 (lima) pilar keberhasilan Nabi Muhammad SAW dalam membangun kota madinah yaitu, ta’aruf, musyawarah, adil, mengutamakan kepentingan umum dan kerjasama.

Ia juga mengingatkan kita agar selalu bersyukur atas nikmat yang telah kita peroleh, karena umur manusia tidak ada yang tahu kapan AllahSWT akan memanggil kita. Oleh sebab itu kapanpun kita harus siap jika dipanggil dan hannya amal ibadah kita yang menjadi bekal kita di Akhirat kelak. Acara ini diakhiri dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Tgk. Drs. H. Hamdani. [humaskemenagbm/y]

 

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh