CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Nabi Muhammad SAW Adalah Sosok Uswatun Hasanah

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 332
Selasa, 3 Februari 2015
Featured Image

[Redelong | Yusra] Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bener Meriah Drs. H. Ridwan Qari dipercayakan sebagai penceramah pada Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1436 H di Masjid Al-Miftahul Jannah, kampung Pakat Jeroh Kecamatan Bandar Senin (02/01) siang.

Acara tersebut dilaksanakan 1 (satu) kemukiman yang terdiri dari 4 (empat) kampung dan dihadiri oleh seluruh Kepala kampung, imam kampung dan seluruh masyarakat setempat yang ada di satu kemukiman tersebut.

Acara yang dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-qur’an dan dilanjutkan dengan salawat badar bersama seluruh jama’ah yang hadir. Para jama’ah terlihat antusias dan semangat mengikuti rangkaian acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1436 H ini. 

Dalam ceramahnya, Kakankemenag Bener Meriah Drs. H. Ridwan Qari menyampaikan bahwa Nabi Muhammad SAW adalah manusia yang patut dicontoh dan diteladani oleh seluruh umat manusia dan termasuk alam semesta atau dalam bahasa gayo disebut juga “Latbatat Kayu Atu”.

Menurut H. Ridwan Qari, sebagai manusia biasa, Nabi Muhammad SAW merupakan sosok pemimpin yang dianggap sukses merubah peradaban umat manusia dalam alam jahiliyah ke alam yang berperadaban. Keberhasilan Nabi Muhammad SAW itu katanya, bukan hanya diakui oleh umat Islam itu sendiri, akan tetapi juga mendapatkan pengakuan dari orang-orang kafir. "Bayangkan hanya dalam waktu relatif singkat, yakni kurang lebih 23 tahun, Rasululllah SAW dapat merubah peradaban manusia dari alam kejahiliyahan ke masa yang penuh dengan peradaban yang menjunjung tinggi nilai-nilai moral," jelas H. Ridwan Qari.

Kakankemenag juga  menyebutkan bahwa keberhasilan Nabi Muhammad SAW tersebut disebabkan karena beliau adalah sosok uswatun hasanah atau contoh/teladan yang baik.

Terkait dengan pelaksanaan peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bener Meriah ini mengakhiri ceramahnya dengan menyatakan dukungannya atas pelaksanaan maulid yang sudah dilaksanakan.

Menurut H. Ridwan Qari yang terpenting dari hikmah pelaksanaan kegiatan hari besar Islam kali ini adalah membangun silaturrahmi yang kuat di kalangan umat Islam khususnya dan masyarakat Kabupaten Bener Meriah pada umumnya.

Menurutnya lagi, dalam membangun Indonesia dan khususnya Kabupaten Bener Meriah menjadi lebih baik lagi di masa-masa mendatang sangat dibutuhkan hubungan silaturrahmi yang kuat antara sesama warga. [x]

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh