CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Shalat sudah Diperintahkan pada Nabi-nabi sebelum Muhammad SAW

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 8138
Kamis, 29 Mei 2014
Featured Image

[Karang Baru| Muhammad Sofyan]  Ketika peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad sedang berduka cita atas wafatnya istri tercinta beliau Siti Khadijah yang selalu mendapingi beliau dalam susah dan senang tertutama dalam mendakwahkan Islam serta wafatnya paman beliau Abu Thalib yang selalu membela beliau dalam mensyi’arkan Islam. Demikanlah antara lain yang disampaikan Cut Maisyarah, S. Ag. Kepala MIS Baitul Makmur Tenggulun Aceh Tamiang dalam ceramahnya di Masjid Jami’ Desa Halban Langkat Tamiang Sumatera Utara pada Rabu (28/5).

Lebih lanjut Ibu Cut (demikian sapaan akarbnya) menyampaikan bahwa “Rasulullah menjemput shalat 5 waktu pada peristiwa Isra’ Mi’raj. Shalat sudah ada sejak Nabi-Nabi sebelum Muhammad SAW; Shalat Subuh diwajibkan kepada Nabi Adam AS, Shalat Zhuhur diperintahkan kepada Nabi Daud AS, Shalat ‘Ashar diwajibkan kepada Nabi Sulaiman AS, Shalat Maghrib diwajibkan kepada Nabi Ya’kub dan ‘Isya diperintahkan kepada Nabi Yunus. Kelima Shalat itu dihimpun kepada Nabi Muhammad SAW. Keseluruhan Nabi sebelum Nabi Muhamammad SAW dalam Shalatnya tetap bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW karena sebelum dunia ini diciptakan Nur Muhammad sudah diciptakan”.

Dalam salah satu haditsnya kata beliau lebih lanjut Nabi SAW bersabda yang artinya “Shalat itu Mi’rajnya orang-orang Mu’min” ini berarti orang yang melaksanakan Shalat melakukan Mi’raj, mengangkat dirinya menghadap Allah dan menjauhkan dirinya dari segala perbuatan keji dan mungkar."

"Oleh karena itu sesuai  hadits Nabi SAW, ajarkanlah Shalat kepada anak yang sudah berusia 7 tahun dan apa bila sudah 10 tahun masih belum mau melaksanakan shalat wajib dipukul, tapi bagaimana memerintahkan shalat kepada anak kalau ibu bapaknya tidak shalat," lnajutnya.

Dalam ceramahnya pada pengajian ibu-ibu tersebut yang berdurasi 1 jam lebih itu Cut Maisyarah memaparkan betapa pentingnya Shalat oleh karena itu kata beliau janganlah pernah lagi meninggalkan Shalat dan Shalat adalah salah satu cara mensyukuri nikmat yang telah diberikan Allah yang antara lain adalah nikmat sehat, nikmat Iman dan nikmat Islam. [y]

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh