CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Lima Komitmen terhadap Islam menurut Samin Pane

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 485
Senin, 24 Februari 2014
Featured Image

[Karang Baru | Muhammad Sofyan]   Dengan banyak bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW kita berharap di Yaumil Mahsyar Nanti kita mendapat Syafa’at dari beliau. Demikian materi ceramah maulidnya di Kenangkong Muka Sungai Kuruk Seruway Aceh Tamiang, bersama Ustadz Drs. H. Samin Pane (sering di panggil dengan Ustadz Sampan), yang mengawali dakwahnya di  Dusun Kenangkong Muka Sungai Kuruk.

Acara Maulid Nabi SAWyang diadakan oleh PHBI Kampung Muka Sungai Kuruk Seruway Aceh Tamiang pada Sabtu (22/2). Kegitan ini dimeriahkan juga dengan Festifal Marhaban dan Shalawat (Marsha) yang didakan oleh Sanggar Seni Teratai Tamiang yang telah dilaksanakan sejak haru Jum’at malam Sabtu hinggi malam minggu.

Dalam laporannya Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Muka Sungai Kuruk (Darul Amani) mengatakan  bahwa kegiatan ini didonaturi oleh Wan Iskandar, SE. Festifal Marsha ini dikuti oleh 21 Group Marhaban dari berbagai Kampng dari beberapa kecamatan (Seruway, Bendahara, Rantau, Sekerak, Karang Baru) bahkan ada yang dari Kota Langsa, serta diikuti oleh 7 group Shalawat dari berbagai TPA dan Diniyah yang ada dalam Kecamatan Seruway.

Acara ini juga lanjut Darul Amani, terlaksana berkat kerja sama PHBI dengan Karang Taruna dan seluruh Masyarakat Kampung Muka Sungai Kuruk.Tampil sebagai juara Pertama Festifal Marhaban adalah group Marhaban dari Kecamatan Sekerak dan berhasil memenangkan uang sebesar 2 juta rupiah, sementara itu group Shalawat dari MD Paya Udang berhasil memenangkan uang sebesar 1 juta rupiah atas prestasinya sebagai juara Pertama  untuk festifal Shalawat.

Lebih lanjut Ustadz Samin Pane lebih lanjut memaparkan;  Cinta Kepada Allah berarti Cinta kepada Rasulullah SAW berarti pula cinta kepada Al-Qur-an, tapi sayangnya masih banyak umat Islam yang belum bisa mengamalkan isi Al-Qur-an.

Cinta kepada Al-Qur-an  berarti pula cinta kepada Islam, cinta kepada Islam berarti siap hidup sesuai aturan Islam dan rela berkorban dan berjuang demi kepentingan Islam, siap hidup sesuai aturan Islam berarti harus masuk kedalam islam secara kaffah (secara totalitas).Masih menurut Ustadz Samin Pane; Islam itu memiliki tiga pengertian, pertama berarti keselamatan (keselamtan dunia dan akhirat), kedua berarti tunduk dan patuh (tunduk dan patuh pada semua  perintah dan larangan Allah SWT), ketiga artinya berserah diri (hanya kepada Allah, takut hanya kepada Allah).

Di akhir ceramahnya Ustdz Samin Pane memaparka lima komitmen terhadap Islam; Pertama mengimani Islam berart harus yakin bahwa agama disisi Allah itu hanyalah Islam, kita harus yakin bahwa Islam itu tinggi tidak ada yang lebih tinggi dari Islam, Islam adalah agama yang sempurna, kedua mengilmui Islam bermakna jangan sampai umat islam tidak berilmu, ibadah itu wajib tetapi sebelum beribadah wajib membekali diri dengan Ilmu.

Ketiga mengamalkan Islam maksudnya ilmu yang sudah ada wajib diamalkan, ilmu tak diamalkan bagaikan pohon tak berbuah, keempat mendakwahkan Islam bermakna kita semua harus menjadi da’i, harus berdakwah sedikitnya untuk diri sendiri, kelima mempertahankan Islam; orang-orang diluar Islam (Yahudi dan Nasrani serta Majusi) selalu ingin menhancurkan Islam maka wajib kita mempertahankan Islam dengan membentengi generasi muda, merapatkan shaf, kuatkan barisan untuk itu marilah kita Sami’na Wa Ata’na (Kita dengan kita patuhi) ajaran Islam ini. [y]

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh